tour ke turki januari 2017

Bosphorus Istanbul Turki, melihat eksotisme Asia dan Eropa sekaligus

Posted by touradmin on 16th April 2015
| 23428 views

Bosphorus Istanbul Turki

Tour ke Turki – Turki memang unik, di Istanbul turki lebih tepatnya dimana kita bisa menikmati indahnya asia sekaligus eropa. Benua Eropa dan Asia hanya dibatasi oleh sebuah selat, selat bosphorus namanya. Bosphorus lah yang memisahkan Turki bagian Eropa dengan Turki bagian Asia. Sobat tour ke Turki Selat ini juga menghubungkan antara Laut Marmara dengan Laut Hitam. Laut Marmara ini terhubung dengan Laut Aegea, yang dalam cerita Homer merupakan jalur yang digunakan Achilles menyerang Troy di Asia kecil, dan lebih ke selatan de ngan Laut Mediterania. Sejak zaman kejayaan Yunani sebelum era Byzantium dan Usmani, Bosphorus Istanbul Tukri telah menjadi bandar rempah yang ramai.
Sobat tour ke Turki Selat ini memiliki panjang 30 KM, lebar maksimum hanya 3.700 meter dan minimum 750 meter. Kedalaman selat ini dari 36 meter sampai 124 meter. Di kanan kiri selat ini kita bisa merasakan sensasi dan keindahan kehidupan Istanbul. nah sobat tour ke turki sebelum menikmati keindahan bosphorus, yuk kita simak beberapa cerita tentang selat bosphorus yang melegenda ini.

Bosphorus sebagai saksi sejarah

Sobat tour ke Turki  Selat Bosphorus menjadi saksi Al-Fatih saat menaklukkan Konstantinopel. melalui selat inilah Al-Fatih masuk, Saat itu tentara Romawi yang kaya pengalaman perang tidak akan membiarkan begitu saja rencana serangan ini. Mereka memasang rantai-rantai besar melintangi selat Bosphorus, sehingga kapal-kapal perang al-Fatih tidak bisa memasukinya. Akan tetapi Al-Fatih tak kalah geniusnya. Sobat tour ke Turki, di tengah malam buta, bersama pasukannya, ia memindahkan kapal-kapal perang Ottoman sebanyak 70 buah melintasi pagar-pagar rantai bawah laut dengan cara mengangkat kapal-kapal itu ke daratan. Jadi, bayangkan, al-Fatih dan pasukannya menaikkan kapal-kapal ke daratan, lalu menariknya di daratan, terus begitu sampai melewati tempat dipasangnya rantai-rantai bawah laut itu, lalu kapal-kapal itu dimasukkan lagi ke lautan. Luar biasa perjuangannya bukan Sobat tour ke Turki!
Dan, dengan cara demikianlah, al-Fatih berhasil mengalahkan Konstantinopel, menyerang titik lemah benteng keliling Romawi yang luasnya 21 KM dan terdiri dari dua lapis (lapis pertama setebal 2 meter dan lapis kedua setebal 4 meter). Romawi tampak lalai pada kemungkinan serangan dengan cara mengangkat kapal-kapal perang melalui daratan ini. Sobat tour ke Turki Bosphorus pun juga menjadi saksi Istanbul yang selama ribuan tahun menjadi Ibu Kota Kekaisaran Byzantium, Kekhalifahan Usmani, dan Republik Turki, sebelum dipindahkan oleh Mustafa Kemal Ataturk ke Ankara pada 1937.
Tour ke Bosphorus Turki

Tour ke selat Bosphorus

Sobat Tour ke Turki begitu sampai di dermaga banyak sekali orang yang menwarkan tiket Bosphorus Cruise. Boshporus Cruise yang saya ikuti adalah short circle cruise. Selain itu, ada juga Full Bosphorus Cruise yang melintasi jarak lebih jauh, dan juga Sunset Cruise untuk bisa menikmati sunset sembari menikmati selat ini, jika ada waktu lebih sepertinya menarik untuk dicoba. Sobat Tour ke Turki untuk cruise tersebut, ada jadwalnya sendiri.

perlahan lahan kapal yang kami tumpangi berangkat, perjalanan kami kali ini diiringi semilirnya angin, udara yang bersih, langit yang cerah nan biru. Puluhan turis terlihat duduk bersantai menikmati waktu bersama teman relasi ataupun keluarga, selat bosphorus sepertinya juga cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal. Oleh karena itu saya tak mau begitu kami melewatkan momen ini dengan hanya berada di dalam ruang kapal. Sobat Tour ke Turki Kami pun memilih ke luar, diatas dek untuk melihat lebih dekat panorama indah tepian Selat Bosphorus. Kami sangat mengagumi bagaimana penduduk turki bisa menjaga selat bosphorus selalu bersih.

Dari sini hamparan pemandangan yang indah mulai tersaji, di sisi kiri dan kanan kapal para penumpang bisa menyaksikan beragam landmark dan bangunan berarsitektur khas eropa, asia, bahkan mediterania. Pemandangan mengagumkan seperti ini akan terus ‘bermunculan’ mulai dari sisi utara bosphorus maupun di bagian sebelah selatannya.

Di bosporu ini kita bisa menikmati keindahan jembatan bosphorus penghubung antara 2 benua yaitu jembatan fatih sultan mehmet yang menghubungkan benua asia dan benua eropa. Jembatan Bosporus ini diselesaikan pada tahun 1988, saat itu jembatan tersebut menjadi jembatan gantung terpanjang ke-5 di dunia; sekarang jembatan tersebut berada pada urutan ke-19. Jembatan tersebut mengambil nama dari Sultan Utsmaniyah abad ke-15 (Mehmed sang Penakluk), yang menaklukan ibukota Bizantium, Konstantinopel) pada tahun 1453.

Berikut beberapa obyek yang bisa kami temukan dengan tour bosphorus cruise :

istana Dolmabahce

Sobat Tour ke Turki Dari laut kita bisa melihat istana Dolmabahce, yang dibangun menyerupai istana-istana di Eropa. Dengan segala kemewahan , kebesaran dan kemegahannya. Istana ini merupakan pusat administrasi utama dari Kekaisaran Ottoman.
istana Dolmabahce dari bosphorus turki

Topkapi

Topkapi Palace adalah istana kesultanan Uthmaniyah (Ottoman) yang ditempati antara tahun 1465-1853. Letaknya masih dikawasan Sultan Ahmet juga, hanya beberapa puluh meter dari Grand Mosque, Hagia Sophia dan Grand Bazaar. Sobat Tour ke Turki Topkapi sangat luas sekali karena konon dihuni oleh lebih dari 4000 orang. Pagar bentengnya sebagian besar masih utuh dan yang nyeberang jalan raya dan ditepi laut sudah sebagian roboh karena harus ngalah dengan jalan raya modern.

Penjelasan lebih lengkap tentang Topkapi Turki, bisa dilihat di Topkapi Palace Turki, membuka kembali lembar sejarah kejayaan kesultanan turki
topkapi dari bosphorus turki

Maiden Tower

Sobat Tour ke Turki Maiden’s Tower terletak di tengah-tengah selat bagaikan sebuah pulau kecil. Menurut kisah, dulunya Maiden’s Tower adalah istana yang dibangun sultan di tengah laut untuk putrinya yang menurut peramal akan mati disengat ular berbisa. Agar terhindar dari ramalan itu, ayahnya, membuat menara di tengah laut untuk mengasingkan sang puteri. Tapi apa mau dikata, sang puteri mati disengat ular berbisa yang masuk menyelundup dalam keranjang buah anggur yang dibawa oleh pelayannya.

Sobat Tour ke Turki Yang pasti, letak pulau kecil ini sedemikian strategis sehingga fungsinya terus berubah. Pada tahun 341 sebelum Masehi pulau kecil itu pernah dijadikan musoleum. Pada tahun 410 Masehi, pulau itu menjadi pangkalan bea cukai lalu lintas perdagangan di Selat Bosporus. Pernah menjadi benteng kecil dan tempat mengintai. Sobat Tour ke Turki baru pada sekitar 1920-an, menara di pulau kecil itu dijadikan mercusuar, dan kini dijadikan restoran.

Maiden Tower dari bosphorus turki

Masjid Ortakoy dengan taman yang indah

Masjid Ortakoy juga terlihat sangat megah disisi selat. Sobat Tour ke Turki Bangunan masjid ini memang tidak semegah Blue Mosque. Namun lokasinya yang berada di pinggir Selat Bosphorus membuat Ortakoy Mosque menjadi sudut Istanbul yang paling menarik untuk diabadikan dengan ditambah pemandangan jembatan Bosphorus sebagai latar belakangnya.
Masjid Ortakoy dari bosphorus turki

Benteng Rumeli Hisari

Sobat Tour ke Turki dari sini, kita juga bisa melihat dan mengambil gambar betapa gagahnya benteng Rumeli Hisari, yang dibangun pada tahun 1452 oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al Fatih untuk mengamankan Selat Bosphorus dan menghubungkan Kesultanan Ustmani Asia dan Eropa atau sebagai pemotong selat yaitu untuk menahan dan mengawasi logistik di Konstantinopel.
Benteng Rumeli Hisari bosphorus Turki

Perumahan di Bosphorus yang menawan dan MAHAL

Sobat Tour ke Turki Selain itu kita juga bisa melihat perumahan, dan hotel restoran di tepi laut dengan arsitektur yang menawan. Perumahan yang berusia ratusan tahun lalu itu terlihat berdiri dengan megah. Lokasinya berada di tepian Benua Asia. Sobat Tour ke Turki penduduk Turki biasa menyebutnya dengan “Yale”, yaitu Rumah-rumah yang berada di tepi selat bosphorus dengan usia ratusan tahun, dibangun sekitar abad ke-17 dan ke-18. Nah untuk harganya sobat turki, bisa sampai jutaan euro (belasan miliar hingga ratusan miliar rupiah). Hehe..
Bukan sembarang orang bisa memiliki rumah-rumah yang berada di lokasi strategis itu. Sobat Tour ke Turki Hunting Place, dua rumah berwarna merah marun yang dibangun sekitar abad ke-19, misalnya, dimiliki oleh Koc, yang merupakan orang terkaya di Turki. Tak jauh dari sana, dua bangunan kembar bergaya modern juga dimiliki orang kaya di Turki, yakni Sabanci Family. Sabanci, merupakan orang kedua terkaya di Turki.
perumahan di sekitar bosphorus turki

Sobat Tour ke Turki Pemandangan di bosphorus memang sangat mengasyikkan, banyak perumahan yang bagus di tepi selat ini, hotel-hotel mewah, dan kapal-kapal bahkan ada helikopter yang landing di atasnya. Tentu saja masjid dengan beberapa ujung menaranya juga tampak dari laut ini. Sobat Tour ke Turki Jembatan Bosphorus yang menghubungkan daratan Asia dan Eropa tampak megah dari ujung ke ujung, tetapi terus terang sangat sulit untuk bisa mengambil gambar secara keseluruhan.

Tak terasa sudah 1.5 jam saya menikmati perjalan di selat yang membelah Asia dan Eropa ini. Sungguh pengalaman yang tak akan terlupakan.. angin, udara, bangunan, suasana, dan semuanya tentang bosphorus sangat berkesan mendalam di hati.

Yuk lihat juga 5 Tips asyik menikmati Bosphorus Cruise di Istanbul Turki


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


08-999-23-2112 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

Incoming search terms:

  • selat bosporus
  • jembatan turki
  • jembatan bosphorus
  • jembatan di istanbul turki
  • jembatan di turki
  • Selat bosphorus
  • jembatan bosporus
  • bosphorus turki
  • jembatan bosphorus turki
  • jembatan istanbul