tour ke turki januari 2017

Topkapi Palace Turki, membuka kembali lembar sejarah kejayaan kesultanan turki

Posted by touradmin on 19th April 2015
| 11456 views

Tour ke Turki – Ngga afdol jika kita pergi ke suatu tempat dan tidak mampir ke “Tuan Rumah”. hehe.. ya setidaknya disini dahulu adalah “Tuan Rumahnya” Turki. Ya.. dahulu Topkapi Palace ini adalah pusat pemerintahan Turki sekaligus istana yang merupakan salah satu peninggalan Turki Ustmani dan tempat tinggal Sultan Usmaniyah, semenjak Sultan Mehmet II berhasil menaklukkan kota Konstantinopel. Selama lebih dari 600 tahun sebelum pindah ke Dolmabahce Palace, begitulah sobat tour ke turki.

Topkapi Palace Turki ini terletak di pinggir pantai selat Bosphorus dan berada tidak jauh dari Hagia Sophia. Istana di kelilingi tembok besar. Di dalam tembok terdapat bangunan-bangunan tempat raja, keluarga dan para pembantunya. sobat tour ke Turki di dalam areal kerajaan terdapat gedung-gedung tidak terlalu besar. Diantara gedung tersebut terdapat pepohonan dan taman.

Tour ke Topkapi Turki

sobat tour ke Turki konon kabarnya Kompleks istana yang terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil ini dahulu dihuni oleh 4.000 orang. Topkapi palace juga memiliki total luas sekitar 700.000 meter persegi dan dikelilingi benteng sepanjang sekitar 5 kilometer. Hmm.. kebayang kan sobat tour ke turki betapa luaaaaasssnyaaahhh.. dan tidak memungkinkan sepertinya sehari bisa menikmati semua detail keindahan istana ini. Seiring terbentuknya republic Turki, Dekrit Presiden tanggal 3 april 1924 mengakhiri sejarang panjangnya sebagai istana dan menetapkannya sebagai museum. Sehingga kita bisa mampir dan masuk kesini deh..

topkapi palace turki dari bosphorus

sobat tour ke Turki Didalam Topkapi Palace Turki ini kita bisa menikmati keindahan bangunan kesultanan jaman dahulu, mulai dari keramik dengan berbagai motif indah, juga kaligrafi yang tertempel di dinding-dinding setiap ruangannya. Selain itu, langit-langit bangunan dihias kaligrafi dan warna yang sangat menarik tak hentinya membuat kami mengagumi tempat ini. Ada juga perhiasan cincin, kalung, gelang emas yang dihiasi dengan batu-batu permata warna-warni. Wadah minuman dan cangkir yang sisi luarnya bertahtakan permata. Kursi raja yang dibungkus emas dan diperindah dengan batu permata warna-warni yang sangat indah.
Dan yang paling ingin saya lihat sobat tour ke Turki adalah peninggalan Nabi Muhammad SAW, Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Daud, dan sahabat Nabi. Apa saja peninggalan tersebut dan bagaimana? Yuk sobat tour ke turki ikuti perjalanan kami..

sobat tour ke Turki Perjalanan menuju gerbang utama di bagian dalam lumayan jauh, akan tetapi terasa menyenangkan karena kita akan terhibur dengan taman yang indah dengan bunga-bunga berwarna merah merona. Pepohonan hijau yang rindang juga akan menyejukkan siapa saja yang melewatinya.

Untuk masuk ke Topkapi ini kita harus membeli tiket seharga TL 30 (TL = Turkey Lira) di loket yang tersedia di dekat pintu masuk. Pintu masuknya sendiri seperti gerbang benteng, ya karena memang bekas gerbang kerajaan, dihiasi dengan kaligrafi Syahadat di atas pintu dan juga Tughra, sejenis monogram, cap atau tanda tangan Sultan Utsmaniyah. sobat tour ke Turki begitu masuk gerbang kita akan menemui taman yang luas. Komplek Topkapi ini memang sangat luas, butuh waktu dan energi ekstra jika ingin melihat semuanya. Kompleks istana Topkapi terdiri dari beberapa lapisan yang dimaksudkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan sultan dan keluarganya.

Untuk lebih jelasnya tentang Topkapi Palace Turki, sobat tour ke turki bisa melihat maket berikut ini

maket topkapi palace turki

Gerbang masuk topkapi palace turki

Masuk Gerbang Topkapi Palace

Sobat tour ke Turki begitu masuk perhatian saya langsung tertarik ke arah sebelah kanan, yaitu sebuah bangunan dengan 20 cerobong asap yang amat tinggi. Ternyata bangunan ini dulunya merupakan dapur kerajaan. Dapur ini dibuat pada abad ke 15 terdiri dari 10 bangunan besar. Konon dapur ini dapat menyiapkan makanan untuk 4.000 orang yang disiapkan pelayan dapur yang jumlahnya bisa mencapai 1.000 orang. Di koridor bangunan ini diletakkan batu-batu prasati bertulisan arab, mungkin ini beberapa peninggalan yang ditemukan di area istana. Di dalam bangunan ini koleksi porselain peralatan makan kerajaan di simpan, ada poselen dari Jepang, China, Eropa, dan porselen Istanbul. Sobat tour ke Turki Peralatan masak juga di simpan di salah satu bagian di bangunan dapur ini.

Dapur Topkapi Turki

taman didalam topkapi turki

Harem Istana Topkapi

Salah satu tempat yang sayang untuk dilewatkan dari istana topkapi ini adalah harem. Sobat tour ke Turki untuk masuk kedalam harem ini kita diharuskan membeli tiket lagi sebesar 15 lira. Hehe.. kapan lagi bisa masuk “tempat terlarang” ini (dahulu loh yaa..). Yaitu merupakan tempat tinggal para istri dan ibu dari sultan ini, dan ternyata.. ruangannya banyaaaakk.
Beberapa ruangan di bangunan ini lebih indah dibandingkan ruangan lainnya karena dindingnya yang dihiasi motif bunga yang indah dan tentu saja kaligrafi dengan warna yang sangat menarik. Sobat tour ke Turki Tidak salah kalau para istri sultan ketika itu akan betah berada di sana, apalagi dengan sofa-sofa rendah yang empuk (sayangnya kita tidak boleh mencoba duduk-duduk disana).

harem Topkapi palace turki

Sacred Relics Topkapi Palace

Naah sobat tour ke turki, tempat inilah yang WAJIB didatangi. Meskipun antrian lumayan panjang, akan tetapi tidak menyurutkan niat kita untuk masuk ke tempat satu ini. Karena disitulah tempat peninggalan para nabi dipamerkan. Menariknya di Sacred Relics ini pengunjung yang bukan beragama Islam diharuskan memakai sarung kepala atau selendang dan menutup kaki mereka dengan kain sarung untuk menghormati barang-barang peninggalan nabi-nabi tersebut.
Ruangan ini dulu adalah ruangan pribadi sultan. Sobat tour ke Turki sayangnya dilarang memotret di dalam ruangan ini. Merinding rasanya karena untuk pertama kalinya saya melihat secara langsung koleksi museum topkapi tongkat Nabi Musa (as), Tongkat yang bisa berubah menjadi ular besar, memakan ular kecil penyihir Mesir. Seakan tidak percaya. Sobat tour ke Turki bisa melihat tongkat nabi Musa. Ribuan tahun berlalu tapi tongkat beliau masih terjaga baik. Tongkat berwarna coklat kehitaman. Terbuat dari cabang pohon, lurus dengan dua cabang di ujung atasnya.
Juga terdapat serban Nabi Yusuf (as), peninggalan Nabi Ibrahim (as), telapak kaki Nabi Muhammad (saw), pedang Nabi Muhammad (saw) dan para sahabat (ra) termasuk pedang Khalid al-Walid (ra), janggut Nabi Muhammad (saw), pakaian Fatimah az-Zahrah, Kunci-kunci Ka’bah, talang emas, kiswah, pembungkus hajar aswad juga disimpan di ruangan ini. Sobat tour ke Turki suasana menjadi semakin syahdu karena ada seorang qori yang sedang melantunkan ayat suci al qur’an. Konon kabarnya dulu, bacaan Al-Qur’an dilantunkan tanpa henti selama 24 jam nonstop selama lebih 407 tahun (antara tahun 1517-1924 M).

pintu masuk Sacred Relics Topkapi Palace Turki

Sobat tour ke Turki ternyata lumayan menguras fisik mengunjungi Topkapi Palace ini, akan tetapi terbayarkan dengan kekaguman setelah dengan tingginya seni yang orang-orang jaman dahulu miliki, padahal sudah beratus-ratus tahun yang lalu! Selain itu puas dengan koleksi peninggalan para Nabi. Jika sobat tour ke turki penikmat sejarah atau nostalgia masa lampau, waktu satu hari rasanya kurang untuk menjelajahi setiap bagian dan koleksi dari Museum dan Istana Topkapi ini.

Sebelum sobat tour ke turki mengunjungi istana topkapi turki ini, simak 4 Tips Penting sebelum masuk Topkapi Turki


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


08-999-23-2112 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

Incoming search terms:

  • istana topkapi
  • harem istana topkapi
  • koleksi museum topkapi
  • Istana topkapi turki
  • sejarah istana topkapi
  • museum topkapi
  • museum topkapi istanbul
  • musium topkopi istambul
  • sejarah istana turki
  • artikel topkapi palace