tour ke turki januari 2017

8 Tips Naik Balon Udara di Cappadocia! Apa Saja Yang Harus Diperhatikan ?

Posted by touradmin on 16th May 2019
| 324 views

8 Tips Naik Balon Udara di Cappadocia! Apa Saja Yang Harus Diperhatikan ?

8 Tips Naik Balon Udara di Cappadocia! Apa Saja Yang Harus Diperhatikan
Naik Balon Udara di Cappadocia

Rasanya kurang lengkap, jika berlibur ke Turki tanpa menaiki balon udara di Cappadocia. Menikmati pemandangan kota penuh gunung bebatuan yang ajaib dari ketinggian tertentu adalah sensasi tersendiri dan juga menggugah adrenalin. Turki negara yang penuh dengan wisata sejarah dan alam, sangat pas jika dijadikan destinasi liburan. Aneka keindahannya sungguh menarik untuk dijelajahi, salah satunya dengan naik balon udara di Cappadocia. Naik balon udara di Cappadocia ini memang seru, asyik, menegangkan, dan view yang didapat sebanding dengan pengorbanan yang diberikan. Meskipun menyenangkan, naik balon udara juga menyimpan resiko yang besar. Presentase kecelakaannya memang kecil, tetapi tetap waspada sebelum ikut tur balon udara itu perlu. Agar keselamatanmu terjamin dan nyaman saat menaiki balon udara, ada 8 Tips Naik Balon Udara di Cappadocia! Apa Saja Yang Harus Diperhatikan ? dari Tourketurki.com. Yuk, simak tips dan penjelasannya berikut ini!

1. Pilih Operator Yang Terpercaya

Pertama yang harus dilakukan sebelum naik balon udara adalah mencari tahu operator yang menyediakan tur naik balon udara. Pilih operator yang terpercaya yang track record nya bagus. Selain itu, browsing untuk mencari ulasan atau pengalaman orang lain yang pernah menggunakan jasa operator tersebut. Karena pastinya kamu butuh kenyamanan dari naik, mulai terbang hingga mendarat.

Pilih Operator Yang Terpercaya
Pilih Operator Yang Terpercaya

2. Luangkan Waktu Beberapa Hari di Tempat Tujuan

Contoh kecil saja, kamu memutuskan naik balon udara pada hari Kamis, namun di hari itu angin bertiup sangat kencang, sehingga penerbangan ditunda dikemudian hari. Nah, jika kamu menyiapkan waktu lebih 3-4 malam, maka kalau dihari pertama kamu gagal terbang. Kamu masih ada hari selanjutnya. Selain itu kamu juga lebih bisa menikmati Cappadocia lebih lama.

3. Fleksibel Dengan Perubahan

Wisata Balon Udara berkaitan erat dengan cuaca yang bisa berubah setiap saat. Jadi kamu harus bisa menyesuaikan dengan perubahan yang bisa terjadi secara mendadak. Misalkan, waktu terbang sekitar satu jam, tapi karena perubahan cuaca dan arah angin secara tiba-tiba, maka waktu terbang bisa dipangkas menjadi 45 menit. Karena ini terjadi karena alam, maka kamu tak bisa menuntut. Lebih baik ikuti instruksi daripada terjadi hal yang tidak diinginkan. Pilot balon udara pun tidak tau akan mendarat dimana, itu tergantung arah angin. Tapi jangan kawatir, karena mereka yang sudah berpengalaman dan profesional pasti mengusahakan mendarat ditempat yang aman.

Baca Yuk :   5 Tips menikmati Bosphorus Cruise di Istanbul Turki

4. Ikuti Semua Instruksi Dari Pilot

Ikuti semua instruksi atau petunjuk dari pilot. Hal paling krusial adalah ketika mendarat. Ada beberapa insiden, balon udara yang mendarat tidak smooth, sehingga bisa mengakibatkan cedera para penumpang. Dengan itu, kamu harus mengikuti petunjuk saat mendarat. Seperti mengambil posisi badan tertentu atau memegang tali dengan kuat. Dengan begitu, bisa mencegah kamu terlempar jika terjadi benturan keras.

Ikuti Semua Instruksi Dari Pilot
Ikuti Semua Instruksi Dari Pilot

5. Tahu Kondisi Diri

Naik balon udara tidak disarankan bagi yang fobia ketinggian, karena itu akan menimbulkan kepanikan dan bisa membahayakan. Dan jika ingin naik balon udara dengan anak-anak, harus menuruti aturan yang ditetapkan oleh operator. Pastikan juga mengenakan pakaian yang nyaman, dan bagi yang pakai hijab, gunkan jenis hijab yang tidak terlalu banyak gerak saat tertiup angin.

6. Wajib Bangun Pagi

Kalau ingin melihat sunset di tanah Cappadocia dengan balon udara, maka kamu harus bangun sepagi mungkin. Jam 7.30 waktu Turki, kamu harus sudah berada di titik balon udara. Karena terkadang kesempatan itu tidak datang dua kali.

7. Tunggu Sampai Aman

Pada waktu pagi, petugas akan memompa balon udara, dan ketika balon sudah terbentuk maka mereka berusaha mendirikan balon. Setelah sudah aman, maka penumpang bisa naik ke keranjang balon udara. Jangan sampai naik terlebih dahulu sebelum ada instruksi dan betul-betul aman.

Tunggu Sampai Aman
Persiapan Balon Udara

8. Pengecekan oleh Pemerintah

Sebelum balon udara yang dapat mengangkut 20 orang itu meninggalkan daratan, petugas dari pemerintah setempat mengecek manifest penumpang balon udara.

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu kamu yang ingin naik balon udara di Cappadocia. Jika semua sudah diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik. Dan memang sudah waktunya, selamat terbang dengan balon udara!

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON