Turkey Travel Consultant TourkeTurki.com Siap Untuk "Turkey New Normal Package". "The Ministry of Culture and Tourism of The Republic of Turkey" telah meluncurkan program “Healthy Tourism Certification”. Hubungi Kami Untuk Informasi Program Ini Lebih Lanjut

Paket Tour ke Turki Ramadhan dan Lebaran 2021

4 min read

Paket Tour ke Turki Ramadhan dan Lebaran 2021

Bagi umat muslim, Ramadhan selalu istimewa dibandingkan dengan bulan yang lainnya. Bulan dimana seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia mengejar sale pahala. Nah, selain ibadah yang makin kenceng, gimana kalau sobat tour ke Turki menikmati Ramadhan dan Lebaran dengan nuansa yang berbeda dari biasanya. Turki sebagai sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, bisa jadi tujuan wisata religi saat Ramadhan dan Lebaran.

Sebagai tanah peninggalan jejak-jejak para khalifah yang berpadu dengan modernisasi-nya, Ramadhan dan Lebaran di Turki menjadi sangat berbeda dengan keunikan-keunikan yang mungkin tidak Anda dapatkan di Indonesia. Selain bisa berwisata religi, Turki penuh dengan nilai sejarah dan keindahan alam. Dengan liburan di Turki, tetap bisa menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Paket Tour ke Turki Ramadhan dan Lebaran hadir untuk anda yang menginginkan suasana yang berbeda daripada biasanya. Sehingga akan menjadi momen ramadhan dan lebaran yang tak akan dilupakan. Yuk langsung saja hubungi kami tourketurki.com

Seperti apa Turki selama Ramadhan?

Serunya ikut paket tour turki ramadhan karena ada banyak kegiatan dan tradisi unik dilakukan oleh warga Muslim ketika bulan Ramadhan berlangsung. Di bawah ini tradisi unik bulan Ramadhan di Turki.

  • Drummer Ramazan

Drummer Ramazan ini bertujuan untuk membangunkan sahur. Para penabuh drum tradisional akan berkeliling perumahan rumah atau kota. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Ottoman, jauh sebelum munculnya jam alarm. Bagi wisatawan yang tidak mengetahui para penabuh genderang, suaranya bisa sedikit mengejutkan! Tapi, para wisatawan bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa, ada penduduk setempat berteriak terima kasih kepada para musisi saat mereka lewat, dan anak-anak bertepuk tangan dan melambai mengikuti irama drum.

CRAZY PRICE TURKEY
Mulai dari 8 jutaan saja All in

Hanya di Tourketurki.com
PROMO DISKON 2 juta dari harga dibawah ini!!
Untuk informasinya langsung hubungi kami

Paket Tour ke Turki Bulan April 2021

  • 15 April 2021 10 Hari RAMADHAN in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 22 April 2021 10 Hari BEST TURKEY SPRING
    IDR 10.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines) *Crazy Price Limited
  • 22 April 2021 10 Hari RAMADHAN in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 24 April 2021 8 Hari BEST OF TURKEY
    IDR 10.200.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 29 April 2021 10 Hari RAMADHAN in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)

Paket Tour ke Turki Bulan Mei 2021

  • 3 MEI 2021 10 Hari SPESIAL RAMADHAN & SHALAT IED in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 4 MEI 2021 10 Hari SPESIAL RAMADHAN & SHALAT IED in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 5 MEI 2021 10 Hari SPESIAL RAMADHAN & SHALAT IED in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 6 MEI 2021 10 Hari SPESIAL RAMADHAN & SHALAT IED in TURKEY
    IDR 13.900.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 6 MEI 2021 10 Hari SHALAT IED in TURKEY
    IDR 11.750.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 11 MEI 2021 11 Hari SHALAT IED in TURKEY
    IDR 14.700.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 18 MEI 2021 10 Hari SPRING in TURKEY
    IDR 12.350.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)
  • 20 MEI 2021 10 Hari SPRING in TURKEY
    IDR 11.350.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines) *Crazy Price Limited
  • 29 MEI 2021 10 Hari SPRING in TURKEY
    IDR 12.700.000 (Hotel combine 4* & 5*, Turkish Airlines)

Yakin mau menyesal? Ngga kaan.. langsung kontak kami aja yuuk..

  • Toko-Toko Buka hingga Larut Malam

Saat bulan Ramadhan berlangsung toko-toko buka hingga larut malam. Banyak muslim di Turki yang melakukan aktivitas di malam hari baik hanya sekedar makan atau belanja. Saat malam tiba kota menjadi ramai dipenuhi warga yang berjalan-jalan dan berbelanja.

  • Tradisi Barter Makanan dengan Tetangga

Untuk mempererat silaturahmi bersama tetangga, saat Ramadhan antar tetangga di Turki saling menukar hidangan alias barter ketika menjelang berbuka. Selain itu tradisi ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan berbagi di kalangan Muslim. Sehingga tak ada umat Muslim di Turki yang kelaparan ketika berbuka.

  • Meriam Saat Matahari Terbenam

Anda mungkin mendengar dentuman dahsyat saat matahari terbenam selama Ramadhan, jika demikian, jangan kaget! Tradisi Ramadhan lainnya di Turki adalah meriam saat matahari terbenam. Sebuah tradisi berusia berabad-abad, meriam ditembakkan untuk mengumumkan ‘Iftar’, membatalkan puasa. Ini adalah tradisi lain yang memudar tetapi juga masih dianut oleh banyak daerah. Ada sejumlah meriam yang ditembakkan di sekitar Istanbul, Ankara, dan kota-kota lain serta tujuan populer di sepanjang pantai.

  • Buka Bersama di Jalanan
Buka Puasa Bersama di Pelataran Masjid Biru Istanbul
Buka Puasa Bersama di Pelataran Masjid Biru Istanbul

Buka bersama mungkin adalah kegiatan Ramadhan yang lumrah di Indonesia. Di Turki juga ada, Muslim Turki melakukan buka bersama di teras sekitar masjid maupun jalanan di sekitar kota.

  • Takjil Gratis
Baca Yuk :   Paket Wisata Tour Ke Turki 6 Hari 5 Malam Desember / Musim Dingin (Winter) 2021

Muslim Turki yang memiliki kelebihan rezeki biasanya menyumbangkan sebagian dana ke pengurus masjid untuk mengelola hidangan pembuka puasa atau biasa disebut takjil untuk dimakan bersama ketika buka bersama.

  • Keunikan Masjid, Shalat Tarawih, dan Shalat Witir

Sama juga dengan di Indonesia, masjid-masjid di Turki juga selalu penuh ketika bulan Ramadhan. Menariknta, menara yang menjadi ciri khas masjid-masjid Turki selalu meyala setiap malam bulan Ramadhan. Pada bulan lainnya lampu menara hanya akan menyala khusus pada malam jumat. Disertai pembacaan shalawat sebelum azan isya dan subuh. Diantara tiang menara juga biasanya dipasangkan tulisan penyambutan akan bulan ramadhan yang dipasang selama 30 hari dan menyala pada malamnya.

Tarawih dan witir dilaksanakan berjamaah di masjid-masjid. Biasanya dilaksanakan 23 rakaat dengan witir, pembacaan surah Al-Fatihah secara satu nafas dilanjutkan satu sampai dua ayat dari surah-surah panjang setiap rakaatnya. Atau surah-surah pendek dengan satu nafas pula.

  • Mukabele

Mukabele yang berarti pertemuan untuk bertadarus Al-Quran. Jika di Indonesia tadarus hanya dilakukan oleh kelompok laki-laki atau ibu-ibu di masjid pada malam hari dan subuh, di Turki mukabele dilakukan oleh kelompok ibu-ibu di rumah-rumah pada pagi sampai siang hari. Namun kelompok laki-laki juga melakukannya pada malam hari di masjid.

  • Penyambutan malam Lailatul Qadar

Di turki, malam Lailatul Qadar sudah ditentukan jatuh pada malam tetentu dengan memakai cara perhitungan tersendiri. Sehingga penyambutan khusus dilakukan dengan mendirikan qiyamul-lail pada malam tersebut dan diisi dengan shalat tasbih, kajian, tadarus al-quran, dan zikir sampai pagi.

  • Makanan Khas Ramadhan di Turki

Turki juga punya tradisi hidangan khas Ramadhan yaitu Roti Gozleme dan Lavas. Roti ini merupakan makanan pokok warga Turki yang berbentuk sangat tipis.

Roti Gozleme Khas Turki
Roti Gozleme Khas Turki

Paket Tour Turki Lebaran, Rasakan Suasana Tradisi Yang Berbeda

Inilah serunya jika mengikuti paket tour turki lebaran, kita bisa menyaksikan dan mendapatkan pengalaman dari tradisi yang berbeda. Lalu apa saja tradisi unik masyarakat Turki saat merayakan hari raya Idul Fitri. Simak yuk dibawah ini :

  • Salat Idul Fitri Hanya Dilakukan Kaum Pria

Jika di Indonesia, saat Idul Fitri maka baik laki-laki maupun wanita akan berbondong-bondong menuju masjid atau lapangan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. Berbeda halnya dengan di Turki, hanya kaum pria saja yang berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat ‘Id, sedangkan kaum wanitanya tetap tinggal di rumah.

  • Tradisi Sungkem Ala Turki

Masyarakat Turki ketika Idul Fitri memiliki kebiasaan saling mengunjungi tempat keluarga juga kerabat. Kemudian mereka saling mengucapkan Bayraminiz Mubarek Olsun (kurang lebih berarti “selamat hari raya Idul Fitri”). Tradisi sungkem sangat ditekankan oleh keluarga-keluarga Turki, yaitu cium tangan terhadap orang yang lebih tua.

  • Seker Bayram – Makanan Lebaran Khas Turki

Seker Bayram inilah yang membuat lebaran di Turki semakin meriah. Seker Bayram ini sendiri adalah festival gula. Semua rumah di Turki akan menghidangkan jamuan atau jajanan yang serba manis seperti cokelat dan permen saat Idul Fitri. Anak-anak di Turki akan berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain untuk mengucapkan “Selamat Idul Fitri” sembari membawa kantung gula-gula. Sebagai balasannya mereka akan diberi cokelat, permen, atau jajanan tradisional Turki seperti turkish delight dan baklava.

Festival Seker Bayrami Bagian Dari Tradisi Turki
Festival Seker Bayrami Bagian Dari Tradisi Turki
  • Bayramlik – Baju Lebaran ala Turki

Masyarakat Turki akan mempersiapkan dan mengenakan pakain terbaik atau pakaian baru saat Idul Fitri yang disebut bayramlik.

  • Ziarah

Selanjutnya ada tradisi wajib di Turki saat hari raya Idul Fitri yaitu berziarah ke makam keluarga yang biasanya dilakukan sepulang dari salat Idul Fitri di masjid.

  • Pergelaran Musik Hingga Penggalangan Dana

Perayaan Idul Fitri di Turki atau perayaan bayram biasanya juga akan dimeriahkan oleh adanya pergelaran musik dan seni tradisional seperti Hacivat dan Caragoz. Selain itu, desa-desa di Turki akan terlihat begitu semarak dan meriah dengan hiasan lampu-lampu berwarna-warni di berbagai sudut. Ditambah dengan adanya acara penggalangan dana untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Wahhh.. unik dan seru banget ya Ramadhan dan Lebaran di Turki. Gimana sobat tour ke Turki tertarik kan untuk menikmati meriahnya Ramadhan dan Lebaran di Turki sekaligus berlomba-lomba dalam meraih pahala. Selain bisa menikmati hal-hal di atas, Anda juga bisa berkeliling ke destinasi wisata yang populer di Turki. Pastinya akan semakin menyenangkan jika liburan Anda bersama dengan Paket Tour ke Turki Ramadhan dan Lebaran, Segera aja booking dari sekarang dan nikmati liburan seru bersama tourketurki.com.

Pilihan Paket Tour Ke Turki Ramadhan dan Lebaran :

Turkey Travel Consultant TourkeTurki.com Siap Untuk "Turkey New Normal Package". "The Ministry of Culture and Tourism of The Republic of Turkey" telah meluncurkan program “Healthy Tourism Certification”. Hubungi Kami Untuk Informasi Program Ini Lebih Lanjut

Paket Wisata Tour ke Turki 8 Hari 7 Malam…

Paket Wisata Tour ke Turki 8 Hari 7 Malam November 2021 Perpaduan yang memikat antara yang eksotis dan yang akrab, Turki jauh lebih dari...
Turkey Travel Consultant
4 min read
We are ONLINE Here