tour ke turki januari 2017

Sultanhani Caravanserai Turki, Yuuk Intip Hotel Gratis & Termegah Zaman Dahulu Ini!

Posted by touradmin on 30th December 2017
| 38 views

Di Turki, terdapat Sultanhani Caravanserai yang merupakan peninggalan dari Sultan Ottoman. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1229 ini, ternyata dulunya berfungsi sebagai hotel dan bertemunya para pedagang beserta caravannya. Seperti apakah hotel zaman dahulu? mari kita intip!

Sultanhani Caravanserai adalah

Sultanhani Caravanserai adalah caravanserai terbesar di Turki yang menjadi peninggalan dari Sultan Ottoman pada masa Kesultanan Turki Saljuk. Sultanhani Caravanserai dulunya adalah sebuah hotel yang mempertemukan para pedagang.  Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1229 silam ini, berfungsi sebagai tempat peristirahatan para caravan atau kereta kuda yang pernah menjadi moda transportasi antar kota zaman dahulu.

Sultanhani Caravanserai  terletak di Sultanhan, di Jalan Konya-Aksaray, 40 km dari Aksaray, atau 94 km dari Konya. Kota Sultanhan berjarak sekitar 3 km selatan dari jalan raya utama. Sultan Hani Caravanserai  atau dikenal juga dengan Kervansaray in Turkish dibangun oleh arsitek ternama ialah Muhammad bin Havlan el-Dimiski atas perintah Sultan Aladdin Keykubat I dalam kurun waktu antara tahun 1228 dan 1229.

Kota Konya dulunya merupakan bagian dalam rute jalur sutra (silk route) yang merupakan jalur perdagangan terpanjang dan tertua di dunia yang dimulai dari Istanbul di Turki hingga ke kota Xian di Cina. Para pedagang melalui rute tersebut untuk melakukan jual beli dari satu kota ke kota lain di berbagai negara yang dilewati. Nah di Sultanhani Caravanserai inilah para pedagang biasanya singgah.

caravansary turkey 2

Arsitektur Sultanhani Caravanserai

Ada dua bagian didalam hotel tua ini yaitu bagian luar (outdoor) yang digunakan selama musim panas dan bagian dalam (indoor) yang digunakan selama musim dingin. Di dalam bangunan megah yang terbuat dari batu pualam dengan desain arsitektur khas anatolia yang sangat rumit dan indah ini, kita bisa melihat kamar-kamar kecil. Kamar-kamar kecil tersebut digunakan sebagai dapur umum, WC, dan bahkan penginapan bagi para pedagang. Bayangkan ramainya dulu tempat ini oleh para pedagang arab dan memang sampai sekarang pun masih ‘ramai’.

Pintu Masuk Sultanhani KervansarayPintu Masuk Sultanhani Kervansaray

Di tengah-tengah komplek hotel tersebut juga terdapat sebuah menara pengawas dengan tinggi sekitar 15 meter. Bangunan hotel tersebut memang sangat megah tetapi beberapa bagian memang harus diberi penerangan dan tidak boleh dibiarkan kosong tanpa penghuni.

menara sultanhani caravanserai

menara sultanhani caravanserai 3Menara Pengawas Sultanhani Caravanserai

Aula musim dingin berdiameter 30 meter dengan panjang 40 meter, terbagi menjadi 5 lorong yang membentang sepanjang lorong sebagai 7 ruang berkubah yang melintasi lorong melintang. Pintu masuknya adalah marmer dan membuka lorong tengah setinggi enam meter yang diapit oleh dua naves. Di bagian tengah adalah kubah yang memungkinkan cahaya dan udara, diekspresikan pada bagian luarnya sebagai piramida berbentuk kerucut.

Saat ini ada sekitar 100 bangunan yang bisa disaksikan keberadaannya di lintasan Jalur Sutera yang dulunya tepat berada di kesultanan Seljuk. Kebanyakan bangunan Caravanserai di sana berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar dengan dinding batu yang memagarinya. Caravanserai juga kadang dilengkapi dengan menara yang beraneka ragam bentuk, layaknya sebuah benteng dan istana.

caravansary turkey

Keunikan Sultanhani Caravanserai

Ada beberapa hal yang menjadi Keunikan Sultanhani Caravanserai. Di masa lalu, biasanya para rombongan pedagang datang di petang hari. Mereka hanya diperbolehkan beristirahat di Caravanserai selama 3 hari. Adapun untuk makanan, minuman, dan tempat tinggal digratiskan. Demikian juga untuk makanan untuk para kuda, keledai, atau unta yang dijadikan alat transportasi mereka semuanya sudah tersedia di Caravanserai.

sultanhani caravanserai.jpg

Untuk biaya di Caravanserai ini semuanya ditanggung para orang kaya Seljuk yang telah membangun Caravanserai tersebut. Sedemikian nyamannya fasilitas di caravanserai tersebut, sehingga mengundang para pedagang dari seluruh wilayah. Mereka dapat berlindung dari cuaca buruk, beristirahat dan menghangatkan diri, juga mencari keamanan dari para perampok.

Saat ini pun masih ada keunikan dari Sultanhani caravanserai ini yakni beberapa bagian ruangan yang lembab dan gelap, tidak bisa diabadikan karena ‘penghuninya’ memang tidak mau diganggu. Beberapa ‘penghuni’ tampak masih menggunakan jubah jaman dahulu dan masih lalu lalang di dalam bangunan yang lembab dan dingin.

caravanserai turki

Data Sultanhani Caravanserai

Alamat: Cumhuriyet Mahallesi, Konya Aksaray Yolu, 68000 Sultanhanı Belediyesi/Aksaray Merkez/Aksaray, Turkey
Gaya Arsitektur : Arsitektur Seljuk
Arsitek : Muhammad ibn Khalwan al-Dimashqi

Sultanhani Caravanserai Google Map

Video Sultanhani Caravanserai


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )