tour ke turki januari 2017

Grand Bazaar Turki, Inilah Wujud Pasar Tertua di Dunia yang Tetap Eksotis!

Posted by touradmin on 6th January 2018
| 45 views

Jika kita berlibur ke Turki, tidak mungkin jika kita akan pulang dengan tangan kosong. Turki terkenal sebagai tempat wisata belanja di kawasan Eurasia dari berbagai  turis di seluruh dunia. Di Turki ini, banyak menawarkan tempat wisata belanja yang terkenal. Namun, ada satu tempat belanja yang sangat direkomendasikan agar kita dapat menghemat pengeluaran belanja kita, yaitu Grand Bazaar. Seperti apakah istimewanya Grand Bazaar itu? Mari kita simak!

grand bazaar cover

Grand Bazaar Istanbul Adalah

Grand Bazaar Istanbul sudah kondang sebagai surga belanja di Istanbul serta menjadi tempat wajib untuk dikunjungi selama di Turki. Tempat ini mirip dengan Khan el Khalili di Kairo, hanya saja Grand Bazaar lebih luas. Grand Bazaar Istanbul atau bisa disebut juga Kapalicarsi ini adalah salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Dahulu pasar ini diprakarsai oleh Sultan Mehmed II, pada tahun 1455.

Berusia lebih dari 500 tahun, Grand Bazaar selain pasar tertua juga yang terbesar dari yang sejenis di seluruh dunia. Pasar ini telah berdiri sejak tahun 1450-an pada pemerintahan Kekhalifahan Ottoman dan bertahan hingga kini. Lokasinya terletak di kompleks kota tua Istanbul, tepatnya di distrik Fatih, selemparan batu dari Masjid Biru dan Museum Hagya Sofia. Jadi, kita bisa langsung berjalan kaki ke Grand Bazaar setelah menikmati arsitektur Masjid Biru yang megah dan kekayaan sejarah dua agama di Aya Sofia. Jangan lupa mampir juga ke Basillica Cistern, tempat penampungan bawah tanah raksasa era Romawi yang dibangun di abad ke-3 atau 4. Masjid Biru-Hagya Sophia-Bassilica Cistern-Grand Bazaar adalah satu paket wisata Turki yang berkumpul di satu tempat. Wajib dikunjungi!!!

pintu masuk grand bazaar

Pasar ini memiliki luas 54 ribu meter persegi, 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko yang dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya. Pada tahun 2014, bazaar ini tercatat sebagai tempat wisata terbanyak dikunjungi di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung tahunan 91.250.000 orang. Antar satu blok toko dengan toko lainnya dipisahkan oleh jalan-jalan bak sebuah lorong bawah tanah, yang membedakannya adalah lorong Grand Bazaar amat berseni, selain kerlap kerlip cahaya, dinding-dinding grand bazar sangat berestetika dengan coretan lukisan atau pun kaligrafi. Pasar ini buka dari pukul 9 hingga 19.00, kecuali di hari Minggu dan hari besar.

Penampakan Grand Bazaar jauh dari kesan kumuh dan tua, meskipun dibangun sejak tahun 1455 pasar ini nyatanya lebih menunjukkan kesan eksotis dan kemegahannya. Grand Bazaar ini telah menjadi pusat pusat wisata belanja sejak tahun 1461. Seiring berjalannya waktu, Grand Bazaar yang terletak di jantung kota Istanbul secara perlahan-lahan tumbuh. Dimulai dari warga sekitar pasar yang juga membuka toko yang melakat dengan pasar, Grand Bazaar tumbuh semakin besar. Ide cemerlang pun muncul di kalangan para pedagang untuk mengamankan kios pasar dan memfasilitasi belanja masyarakat sekitar. Grand Bazaar mulai diperbesar pada abad ke-16 dan pada tahun 1984, mengalami perbaikan besar-besaran pacagempa.

suasana di dalam grand bazaar

Eksotisme Grand Bazaar Istanbul

Pasar ini berdiri seperti kompleks dan dilengkapi dengan dua masjid, serta dipercantik dengan empat air mancur. Di bagian tengah pasar merupakan ruangan berkubah tinggi. Grand Bazaar bagaikan surganya para wisatawan. Lokasinya berada di kompleks Kota Tua Istanbul, tepatnya di distrik Fatih yang sangat dekat dari Masjid Biru dan Museum Hagya Sofia. Kamu hanya perlu berjalan kaki ke Grand Bazaar setelah menikmati arsitektur Masjid Biru yang megah dan kekayaan sejarah dua agama di Hagya Sofia. Pasar ini juga sangat mudah untuk dijangkau. Anda tinggal naik trem dengan tujuan Beyazit. Dari Beyazid Anda bisa lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Keramahan Pedagang di Grand Bazaar

Biasanya pemilik toko di pasar ini, orangnya ramah dan tidak memaksa kita untuk membeli dagangannya. Tak heran jika kita belanja, mereka akan menawarkan segelas Cay (teh) untuk kita minum. Di pasar sini, Anda bisa menemukan aneka barang antik yang bisa dijadikan oleh-oleh wajib dari Turki, seperti perabotan, tasbih, senjata tajam dan koin-koin kuno. Karena pasar ini sangat besar, jenis barang yang dijual pun bervariasi. Bisa dibilang, semua barang ada di Grand Bazaar.

suguhan teh di grand bazaarPedagang di Grand Bazaar biasa menyajikan teh untuk orang yang berkunjung di lapaknya

Oleh-oleh Wajib dari Turki di Grand Bazaar

Hampir semua barang ada di pasar ini mulai dari gantungan kunci, miniatur bangunan khas turki, pakaian bertuliskan turki, tempelan kulkas berbentuk bangunan turki, pashima, hingga yang paling menarik adalah catur dengan bidak-bidak kesultanan Turki. Dan di pasar itu, Anda bisa menemukan berbagai barang, dari cinderamata, aksesoris, jam tangan, tas, koper, perhiasan emas, furnitur, barang antik dan tentunya karpet. Pasti bikin pengunjung kalap belanja!

Jika Anda mencari oleh-oleh, harga souvenir di Turki juga terbilang murah. Kita bisa mendapatkan magnet kulkas, gantungan kunci atau dompet kain dengan harga 1-5 lira. Pashmina juga banyak dijual di pasar ini, dan tentunya cocok juga jika digunakan untuk oleh-oleh ataupun kenang-kenangan. Pastikan Pashmina yang dibeli asli buatan Turkey, karena banyak juga Pashmina buatan China.

Grand Bazaar juga banyak menjajakan souvenir berbentuk anting-anting, gelang, dan lain-lain. Ada sebuah souvenir yang menarik bergambarkan mata. Dalam bahasa Turki, souvenir ini diberi nama “Nazar Boncugu”. Bagi sebagian penduduk Turki, benda ini dipercaya bisa menolak bala dengan jalan menyerap energi buruk atau niat jahat. Tak heran jika souvenir bergambar mata dengan latar biru ini banyak terpasang di mobil, pintu, meja kantor, tembok, dan menggantung di leher anak kecil. Mereka juga biasa memberikan Nazar Boncugu kepada tamu sebagai kenang-kenangan.

Beberapa benda khas bisa dijadikan oleh-oleh wajib dari Turki. Anda bisa membawa pulang karpet khas Turki yang terkenal karena tenunannya yang indah. Selain itu, emas dan perak juga banyak dicari karena harganya yang tergolong murah. Atau Anda juga bisa membeli keramik tradisional Turki yang sangat indah dan masih dibuat secara manual.

oleh-oleh dari grand bazaar

Barang khas yang dijual di grand bazaarAneka keramik yang dijual di Grand Bazaar

belanja kain di grand bazaar

kain dan karpet di Grand BazaarKain, sajadah, karpet khas Turki juga menjadi barang wajib di sini

jajanan di grand bazaar

grand bazaar oleh-olehJajanan & Rempah-rempah khas Turki

pernak-pernik di grand bazaar 3

pernak-pernik di grand bazaar 2

pernak-pernik di grand bazaarPernak-pernik khas Turki

Tips Berbelanja di Grand Bazaar Istanbul

Tentunya kita yang bepergian ke luar negeri tidak asing dengan istilah oleh oleh, banyak saudara, teman, sahabat yang menitip dan mengharapkan cindera mata dari kita. Oleh karena itu Grand Bazaar sebagai surganya belanja menjadi pilihan yang tepat untuk membeli oleh oleh. Bagaimana caranya supaya kita bisa berbelanja dengan baik di negeri orang, terutama di Grand Bazaar Turki ini? Tenang saja, kami dari tourketurki.com telah menyiapkan 6 tips penting untuk berbelanja disana berdasarkan pengalaman kami, anda bisa membaca tips – tips penting ini disini : 6 Tips Berbelanja di Grand Bazaar Istanbul Yang Harus Kamu Ketahui

Data Grand Bazaar Istanbul

Grand Bazaar di Istanbul, Turki, adalah salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia, meliputi 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko yang dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya.
Website : kapalicarsi.org.tr
Alamat : Beyazıt Mh., 34126 Fatih, Istanbul/Provinsi İstanbul, Turki
Telepon : +90 212 519 12 48

Google Map Grand Bazaar Istanbul

Panorama 360 Grand Bazaar Istanbul

Video Grand Bazaar Istanbul


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )