tour ke turki januari 2017

Sultanhani Caravanserai Turki, Hotel Gratis di Perlintasan Jalur Sutra

Posted by touradmin on 30th December 2017
| 153 views
Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Sultanhani Caravanserai Turki, Hotel Gratis di Perlintasan Jalur Sutra

Di Negeri Turki, ada sebuah bangunan karavan besar peninggalan dari Sultan Ottoman pada masa Kesultanan Turki Seljuk. Dahulu sempat menjadi hotel dan lokasi bertemunya para pedagang beserta caravannya. Struktur yang megah ini dibangun oleh arsitek Muhammad bin Havlan el-Dimiski atas permintaan dari Sultan Aladdin Keykubat I antara tahun 1228 dan 1229.

Sultanhani Caravanserai Turki, Hotel Gratis di Perlintasan Jalur Sutra
Sultanhani Caravanserai Turki, Hotel Gratis di Perlintasan Jalur Sutra

Sultanhani Caravanserai

Salah satu karavan terbesar di dunia, Sultanhani Caravanserai dibuat pada masa Seljuk sebagai akomodasi bagi orang-orang dengan menyediakan tempat tinggal dan konsumsi secara Cuma-Cuma (gratis). Sultanhani dibangun antara tahun 1228 hingga 1229 atas permintaan dari Sultan Aladdin Keykubat I, menjadi contoh arsitektur dan seni dekorasi yang luar biasa pada periode Seljuk. Berlokasi di Aksaray, Turki, Itu dibangun untuk memberikan keamanan pedagang selama perjalanan dari Konya ke Aksaray yang merupakan jalur perdagangan dan militer penting.

Sultanhani Caravanserai-Tampak dari Atas
Sultanhani Caravanserai-Tampak dari Atas
Sultanhani Caravanserai
Sultanhani Caravanserai

Sultanhani Caravanserai adalah caravanserai terbesar di Turki yang terletak di Sultanhan, di Jalan Konya-Aksaray, 40 km dari Aksaray, dan 94 km dari Konya. Sultanhani Caravanserai  (Kervansaray) dibangun oleh arsitek ternama yaitu Muhammad bin Havlan el-Dimiski (Muhammad ibn Khalwan al-Dimashqi). Kota Konya dulunya merupakan bagian dalam rute jalur sutra (silk route) yang merupakan jalur perdagangan terpanjang dan tertua di dunia yang dimulai dari Istanbul di Turki hingga ke kota Xian di China. Para pedagang melalui rute tersebut untuk melakukan transaksi perdagangan hingga ke berbagai negara. Nah, di Sultanhani Caravanserai inilah mereka biasanya akan singgah, baik untuk istirahat, berkomunikasi antar pedagang, maupun melakukan jual-beli.

Arsitektur Sultanhani Caravanserai

Bangunan ini memiliki arsitektur yang memesona dan menarik banyak perhatian para pengunjung. Struktur persegi panjang yang menempati area seluas 4.800 m2 ini terlihat seperti sebuah istana. Bangunan besar ini terdiri dari 2 blok terpisah yaitu blok pertama dengan pintu marmer yang dilengkapi dengan figur geometris yang menarik, sebuah halaman besar yang dikelilingi oleh beberapa kamar, sebuah masjid yang melambangkan gaya seni Seljuk dan ruang khusus untuk para pedagang. Blok ke-2 berisi kandang kuda, gudang, perbendaharaan, bengkel, dua pemandian Turki yang menakjubkan, dan gudang makanan. Bagian ini lebih sempit dari yang lain dan ditutupi oleh sebuah kubah. Selain itu, konstruksi yang luar biasa ini juga membuat kagum banyak orang dengan sistem penerangannya melalui jendela yang menciptakan suasana mistik dan menyegarkan.

Arsitektur Sultanhani Caravanserai
Arsitektur Sultanhani Caravanserai

Dua bagian di dalamnya yaitu luar (outdoor) yang digunakan selama musim panas dan bagian dalam (indoor) yang digunakan selama musim dingin. Di dalam bangunan megah yang terbuat dari batu pualam dengan desain arsitektur khas Anatolia yang cukup rumit dan indah ini, kita bisa melihat kamar-kamar kecil yang menjadi dapur umum, WC, dan penginapan. Dari zaman dahulu hingga sekarang, caravan megah ini pun masih ramai dengan para pengunjung. Dulu sebagian besar para pedagang, sekarang dipadati oleh para pelancong dari berbagai penjuru negeri.

Di bagian tengah kompleks hotel tersebut terdapat sebuah menara pengawas dengan tinggi sekitar 15 meter. Bangunan hotel tersebut memang sangat megah tetapi beberapa bagian memang harus diberi penerangan dan tidak boleh dibiarkan kosong tanpa penghuni. Aula musim dingin berdiameter 30 meter dengan panjang 40 meter. Pintu masuknya berupa marmer dan lorong tengahnya setinggi 6 meter.

Arsitektur Sultanhani Caravanserai-Pintu Masuk
Arsitektur Sultanhani Caravanserai-Pintu Masuk

Saat ini ada sekitar 100 bangunan yang bisa disaksikan keberadaannya di lintasan Jalur Sutera ini. Kebanyakan bangunan Caravanserai di sana berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar dengan dinding batu yang memagarinya. Caravanserai juga kadang dilengkapi dengan menara yang beraneka ragam bentuk, layaknya sebuah benteng atau istana.

Panorama 360 Derajat Sultanhani Caravanserai

Keunikan Sultanhani Caravanserai

Bangunan ini dalam kondisi yang baik dan saat ini sebagai museum yang dikelola oleh pemerintah Turki. Menjadi salah satu destinasi wisata utama di Turki, jumlah kunjungan ke Sultanhani Caravanserai mencapai 500.000 orang setiap tahunnya. Dan, tahukah Anda? Ada beberapa hal yang menjadi keunikan Sultanhani Caravanserai (hotel kuno) ini, diantaranya yaitu:

  1. Di masa lalu, biasanya para rombongan pedagang datang di petang hari. Mereka yang berkunjung ke sini memang hanya diperbolehkan beristirahat di Caravanserai selama 3 hari, namun untuk makanan, minuman, dan tempat tinggal, semua digratiskan. Senang sekali, bukan?
  2. Tak hanya pedagang, tunggangan mereka berupa kuda, keledai, atau unta yang dijadikan alat transportasi, makanannya pun sudah tersedia di Caravanserai ini.
  3. Biaya semua fasilitas di Caravanserai ini ditanggung oleh para orang kaya Seljuk yang telah membangun Caravanserai tersebut. Saking nyamannya fasilitas di sini, hingga mengundang para pedagang dari seluruh wilayah untuk menyambanginya. Mereka bisa berlindung dari cuaca buruk, beristirahat dan menghangatkan diri, juga mencari keamanan dari para perampok.
  4. Ada beberapa ruangan yang lembab dan gelap yang tidak bisa diabadikan dalam gambar (video), karena ‘penghuninya’ memang tidak mau diganggu.

Video Sultanhani Caravanserai

Informasi Sultanhani Caravanserai

Rated 4/5
based on 121 reviews from TripAdvisor reviews
Sultanhani Caravanserai yang terletak di Jalan Konya – Aksaray dan terkenal adalah mahakarya terbesar selama Periode Seljuk berlangsung. Struktur yang megah ini dibangun oleh arsitek agung Muhammad bin Havlan el-Dimiski atas permintaan dari Sultan Aladdin Keykubat I antara tahun 1228 dan 1229.
Berlokasi di : Aksaray, Turki
  • Alamat: Cumhuriyet Mahallesi, Konya Aksaray Yolu, 68000 Sultanhani Belediyesi/Aksaray Merkez/Aksaray, Turkey
  • Dibuka : 1229
  • Gaya Arsitektur : Arsitektur Seljuk
  • Telepon : +90 545 501 60 52
  • Arsitek : Muhammad ibn Khalwan al-Dimashqi
  • Total Area Luar : 4.500 meter persegi (tidak termasuk menara dan portal)
  • Luas Aula : 1.430 meter persegi
  • Luas Halaman : 2.250 meter persegi

Google Maps Sultanhani Caravanserai


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP