tour ke turki januari 2017

Masjid Isa Bey Turki, Masjid Dua Kubah Diantara Kuil Dan Gereja

Posted by touradmin on 14th February 2019
| 12 views
Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Masjid Isa Bey Turki, Masjid Dua Kubah Diantara Kuil Dan Gereja

Masjid Isa Bey Turki, Masjid Dua Kubah Diantara Kuil Dan Gereja
Masjid Isa Bey Turki

Soal pariwisata, Turki memang nggak ada matinya. Negara yang masuk dalam wilayah dua benua (Asia dan Eropa) ini punya sederet destinasi wisata cantik yang jadi primadona wisatawan dunia. Mulai dari bangunan-bangunan bersejarah seperti Blue Mosque atau Topkapi Palace hingga tempat-tempat dengan suguhan pemandangan super indah seperti Cappadocia.

Nah, di antara sederet nama destinasi wisata menarik di Turki, ada satu masjid yang cukup banyak diminati wisatawan muslim lho. Tapi bukan Masjid Suleymaniye arau Masjid Sultan Ahmed, melainkan masjid ini adalah Masjid Isabey yang dalam bahasa Turki disebut Isabey Camii. Masjid ini mungkin tak sepopuler masjid lainnya, tapi biasanya banyak juga wisatawan muslim yang menyempatkan diri berkunjung ke sini lantaran penasaran dengan sejarah dan bentuk arsitekturnya yang unik. Letaknya yang berada di antara gereja dan kuil itu pula yang membuat masjid ini kian menarik hingga banyak wisatawan tergerak untuk datang.

Masjid Isa Bey yang dibangun pada tahun 1374-75 adalah salah satu karya seni arsitektur tertua dan paling mengesankan yang tersisa dari beyliks Anatolia. Masjid ini terletak di pinggiran Bukit Ayaslug di Selcuk, Izmir. Masjid Isa Bey terletak di sisi barat kota Selçuk, di persimpangan St. Jean Caddesi dan 2040 Sokak. Berdiri hanya 300 meter dari reruntuhan Kuil Artemis dan 250 meter dari pintu masuk ke Basilika St. Saint John.

Sejarah Masjid Isa Bey

Masjid ini dinamai setelah pendiri eponymous – Isa Bey – anggota keluarga penguasa setempat. Dia berasal dari dinasti Aydinid (tr. Aydinogullari), yang memerintah atas apa yang disebut beylik (semacam kerajaan distrik Turki) di daerah pantai Aegean Asia Asia Kecil. Ibu kota mereka adalah yang pertama di Birgi, dan kemudian – di Selcuk. Di kedua kota tersebut, sejumlah monumen arsitektur dari periode sejarah ini telah dilestarikan, dan Masjid Isa Bey adalah salah satu perwakilan terbaiknya.

Menurut prasasti yang ditempatkan pada bangunan, pembangunannya selesai pada 1375. Arsitek yang bertanggung jawab untuk pembangunan masjid adalah Şamlı Dımışklıoğlu Ali. Asal-usul Seljuk bangunan terlihat dalam arab ornamen, mosaik faience, portal barat tinggi monumental, dan dekorasi mewah.

Sejarah Masjid Isa Bey
Masjid Isa Bey

Sebagai akibat dari gempa bumi yang menghantam wilayah Selçuk pada 1653 dan 1668, masjid tersebut rusak parah. Salah satu dari dua menara runtuh sepenuhnya, dan yang kedua – runtuh di ketinggian balkonnya. Juga, pilar-pilar yang mengelilingi halaman dihancurkan. Pada abad ke-19, masjid yang hancur digunakan sebagai karavan.

Dengan dana yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Yayasan, renovasi menyeluruh masjid dilakukan pada tahun 1975. Sejak itu terbuka untuk Muslim yang setia dan para wisatawan. Renovasi bangunan lainnya terjadi pada tahun 2005.

Arsitektur Indah Masjid Isa Bey

Arsitektur Indah Masjid Isa Bey
Arsitektur Indah Masjid Isa Bey

Masjid Isa Bey memiliki dua pintu masuk utama, ke timur dan ke barat dan berisi lapangan air mancur. Dinding barat memiliki tulisan dan bentuk geometris terukir. Dinding-dinding ini ditutupi dengan marmer, sedangkan fasad di sisi-sisinya yang tersisa terbuat dari batu potong. Dibangun secara asimetris di atas dasar 48-kali-56-meter (157 kali 184 kaki). Pelek kubahnya, dengan diameter 9,4 meter (31 kaki) dan 8,1 meter (27 kaki), didekorasi dengan ubin Iznik (Nicaea). Dua belas tiang bundar berdiri di dalam halamannya yang dikelilingi beranda. Menara bata dibangun di atas dasar segi delapan, dan bagian atas dari balkon hancur. Masjid itu memiliki menara lain di barat, yang benar-benar hancur sekarang. Mihrab (ceruk atau altar) dipindahkan ke masjid lain, karena pintu dibuka di sana. Ada Seljuk turbe segi delapan yang terbuat dari batu dan batu bata, dengan atap berbentuk limas, tepat di sebelah masjid.

Arsitektur Indah Masjid Isa Bey 1
Interior Masjid Isa Bey

Apa yang membuat Masjid Isa Bey unik adalah desainnya yang asimetris. Tidak seperti masjid yang dibangun dengan gaya tradisional, lokasi jendelanya, pintu, dan kubahnya tidak seragam. Menariknya, kolom-kolom di dalam masjid ini bukan dari konstruksi aslinya. Mereka dari reruntuhan sebelumnya di Ephesus dan Kuil Artemis yang dimasukkan ke dalam bangunan. Ada dua belas kolom ini di sekitar halaman. Marmer diukir dengan desain geometris dan tulisan kaligrafi. Kubah yang dihiasi oleh pirus dan fayans biru, mengungkapkan karakteristik gaya Ottoman.

Arsitektur Indah Masjid Isa Bey 1
Arsitektur Indah Masjid Isa Bey

Hal seru Yang Dapat Dilihat Di Masjid Isa Bey

  • Masjid ini terletak tepat di bawah benteng di Selcuk dekat Basilika St. John. Ini mengukur 51m (153 kaki) dengan 57m (171 kaki) termasuk halaman besar.
  • Masjid itu sendiri terdiri dari dua lorong lateral yang ditutupi dengan dua kubah di tengahnya. Menara bata yang masih hidup di sisi utara memiliki basis segi delapan. Fasad barat ditutupi marmer, diukir dengan desain geometris yang indah dan tulisan kaligrafi.
  • Di dalamnya ada mihrab dan mimbar, keduanya terbuat dari marmer, dan dicat ubin pirus di kubah. Kolom interiornya Klasik, dari reruntuhan lokal.
  • Masjid sekarang memiliki satu menara, dibangun dari batu bata pada rencana segi delapan. Setelah itu dihiasi dengan menara kedua, yang tidak dibangun kembali setelah gempa bumi di abad ke-17. Di sekitar masjid berdiri sebuah makam Seljuk segi delapan yang dibangun dengan batu dan batu bata, dengan atap berbentuk limas.
  • Halaman dalam dengan air mancur dikelilingi oleh 12 kolom. Tiang-tiang itu dibawa ke sini dari reruntuhan Efesus kuno. Dinding barat dihiasi dengan prasasti berukir dan bentuk geometris. Dindingnya dilapisi dengan marmer, sedangkan fasad di sisi yang tersisa terbuat dari batu yang dipotong.
Hal seru Yang Dapat Dilihat Di Masjid Isa Bey
Masjid Isa Bey

Tips Bagi Pengunjung Di Masjid Isa Bey

Masjid ini terbuka untuk pengunjung kecuali untuk waktu sholat. Selama kunjungan, ingatlah untuk berperilaku sesuai dengan aturan yang ditetapkan untuk para tamu: lepas sepatu Anda di pintu masuk, berpakaian sopan dan, dalam kasus wanita, tutupi rambut Anda. Wisatawan dapat mengunjungi hanya satu bagian interior.

Panorama Masjid Isa Bey

Masjid Isabey

Rated 4.7/5
based on 223 reviews from Google reviews
Masjid Isa Bey yang dibangun pada tahun 1374-75 adalah salah satu karya seni arsitektur tertua dan paling mengesankan yang tersisa dari beyliks Anatolia. Masjid ini terletak di pinggiran Bukit Ayaslug di Selcuk, Izmir.
Berlokasi di : Izmir, Turki
  • Alamat : Atatürk Mh., St. Jean Cd., 35920 Selçuk / İzmir, Turki
  • Panjang: 56 m
  • Lebar: 48 m
  • Provinsi: İzmir
  • Wilayah: Kawasan Aegea
  • Gaya arsitektur: Arsitektur Islam, Seljuk architecture
  • Bahan: Ashlar, Marmer, Bata
  • Selesai Dibangun : Tahun 1374-75

Video Masjid Isa Bey

Maps Masjid Isa Bey


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP