tour ke turki januari 2017

Hierapolis Pamukkale-Turki, Kota Spa Kuno yang Memesona

Posted by touradmin on 21st February 2018
| 101 views
Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Hierapolis Pamukkale-Turki, Kota Spa Kuno yang Memesona

Negeri Turki memiliki ragam detinasi wisata bersejarah dan cantik yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Salah satunya yaitu sebuah kota tua di Turki, Hierapolis namanya. Jika kita berkunjung ke Turki, jangan lewatkan tempat yang satu ini, karena kita akan menyaksikan sensasi keindahan dan keunikannya yang bisa membuat kita serasa berada di dunia lain.

Hierapolis Pamukkale-Turki, Kota Spa Kuno yang Memesona
Hierapolis Pamukkale-Turki, Kota Spa Kuno yang Memesona

Hierapolis Pamukkale

Hierapolis adalah sebuah kota kuno yang terletak di mata air panas di Phrygia  klasik di Anatolia barat daya, berupa reruntuhan kota tua zaman Romawi kuno yang dibangun pada abad ke-2 SM. Di zaman Romawi kuno daerah ini begitu ramai dengan ditandai berbagai bangunan besar didirikan. Mulai dari Colosseum Romawi, pasar, pemukiman penduduk hingga pemandian untuk rakyat Romawi. Kemegahannya masih bisa disaksikan hingga kini, walau beberapa sudah ada yang runtuh akibat adanya gempa. Reruntuhannya berdekatan dengan Pamukkale modern di Turki dan saat ini terdiri dari sebuah museum arkeologi yang ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988.

BEST DEAL TURKEY Opentrip tourketurki.com : “ONLY $1300” (9D8N) – ADANA – CAPPADOCIA – TOKAT – BALLICA – AMASYA – ANKARA – ISTANBUL by Qatar Airways ➡ ➡ Grab it fast and book now! More info : DIKA (089-697-287-456)
Hierapolis Pamukkale
Hierapolis Pamukkale

Sejarah Hierapolis Pamukkale

Hierapolis, sebuah “Kota Suci” yang terletak di Pamukkale, sekitar 20 km sebelah utara Denizli. Pada awal abad ke-3 SM, sebuah kuil dibangun oleh orang Phrygia di lokasi tersebut yang didedikasikan untuk Hieron. Lokasi pembangunan kuil ini di kemudian hari menjelma menjadi Hierapolis. Pada abad ke-2 SM, Hierapolis dikembangkan menjadi tempat spa yang dipersembahkan kepada Raja Pergamon, Eumenes II. Asal nama Hierapolis masih diperdebatkan. Sebagian percaya bahwa nama Hierapolis diambil dari kuil Hieron yang didirikan di tempat tersebut. Sebagian lain berpendapat Hierapolis diambil untuk menghormati Hiera, istri Telephos, yang telah mendirikan dinasti Attalid. Hierapolis cepat populer sebagai pusat pengobatan mata air panas yang dipercaya memiliki berbagai khasiat penyembuhan. Ketika raja terakhir Dinasti Attalid hampir meninggal dunia, dia mengembalikan Hierapolis kepada Roma.

Sejarah Hierapolis Pamukkale
Sejarah Hierapolis Pamukkale

Selama abad berikutnya, sebagian besar kota telah berubah dari era Yunani menjadi sebuah kota Romawi. Pada awal abad ke-1 M, Hierapolis terkena gempa bumi, dan beberapa dekade kemudian pada masa Nero, kota hampir seluruhnya hancur oleh gempa lain. Kota ini lalu dibangun kembali dengan gaya Romawi. Selama 2 abad berikutnya, Hierapolis terus berkembang di bawah Kaisar Hadrian yang membangun sebuah teater yang terkenal. Pada awal abad ke-3, kota ini diberikan status khusus yang disebut Neocoros oleh kaisar Caracalla yang memberi Hierapolis sejumlah hak istimewa dalam sistem hukum Romawi. Hierapolis terus berkembang dengan populasi mencapai lebih dari 100.000 orang.

Pada abad ke-12 wilayah ini  di bawah kendali kesultanan Seljuk Konya. Pada perkembangannya, Hierapolis tercatat turut diperebutkan selama Perang Salib dan akhirnya mulai ditinggalkan menjelang akhir abad ke-14. Pada awal abad ke-16, Hierapolis sekali lagi dilanda gempa, tetapi dengan tidak adanya penduduk yang mendiami kota, maka kerusakan tidak pernah diperbaiki. Reruntuhan kota hampir tak tersentuh sampai penggalian kembali yang dilakukan pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.  Hierapolis pertama kali digali oleh arkeolog Jerman Carl Humann (1839-1896) selama bulan Juni dan Juli tahun 1887.

Hierapolis Pamukkale sebagai Kota Suci

Hierapolis Pamukkale sebagai Kota Suci
Hierapolis Pamukkale sebagai Kota Suci

Tahukah Anda, mengapa disebut Kota Suci? Hierapolis dikenal sebagai Kota Suci karena di sana ada banyak kuil keagamaan yang juga menjadi tempat tinggal bagi orang-orang Yahudi dan Kristen. Diperkirakan, jumlah orang Yahudi sekitar 50.000 orang. Umat Kristen mulai pindah ke Hierapolis dari paruh pertama abad ke-1 M. Pada abad ke-4 M, Kristen hampir seluruhnya memberantas kepercayaan pagan yang dulunya berkembang di kota ini. Gua suci, Plutonium, diisi dengan batu oleh orang-orang Kristen. Tempat mandinya pun tak ketinggalan diubah menjadi sebuah basilika Kristen.

Panorama 360 Derajat Hierapolis Pamukkale

Ragam Situs Kuno di Hierapolis Pamukkale

Ragam Situs Kuno di Hierapolis Pamukkale
Ragam Situs Kuno di Hierapolis Pamukkale

Ada banyak situs yang terdapat di Hierapolis. Di sini kita bisa menemukan sisa-sisa reruntuhan bangunan, katedral, kuil, tembok-tembok, pilar, amphiteather, dan kuburan-kuburan tua (necropolis). Tempat ini juga merupakan tempat bersejarah yang bisa membawa kita serasa berada di Zaman Romawi ribuan tahun silam. Beberapa situs paling penting diantaranya yaitu Teater Hierapolis, Kuil Apollo, dan Plutonium. Berikut ini adalah ulasannya:

  • Teater Hierapolis Pamukkale

Teater Hierapolis Pamukkale
Teater Hierapolis Pamukkale

Tingginya 91 meter. Konstruksi teater dimulai pada abad 62 M setelah gempa bumi pada abad 60 M di era Flavius. Namun, tidak selesai di era Hadrian. Itu akhirnya selesai pada Era Severus di 206 M. Gua dipisahkan menjadi 7 bagian dengan 8 tingkatan. Diozoma (semacam lorong) berada di tengah-tengah gua. Ada 4 pintu masuk ke teater, masing-masing dengan 6 patung dalam relung diapit oleh kolom marmer. Auditorium terdiri dari tempat duduk dengan kapasitas 15.000 orang. Karena peradaban kuno Bangsa Barat sangat identik dengan teater, setelah gempa pada pada 60 M, teater di Hierapolis ini dibangun di lereng bukit. Teater ini merupakan salah satu produk terbaik dari dekorasi teater Roma. Konon, terdapat sekitar 30 kursi yang masih berwujud aslinya dengan ukiran sebagai hiasannya.

  • Kuil Apollo

Kuil Apollo
Kuil Apollo

Kuil ini terletak di gua religious yang disebut Plutonium, yaitu sebuah gua kecil yang hanya cukup untuk satu orang yang masuk melalui pintu masuk berpagar, di dalam gua ini terdapat gas karbondioksida yang cukup berbahaya dan muncul karena aktivitas geologi bawah tanah. Pusat keagamaan tertua dari penduduk setempat adalah tempat di mana Apollon bertemu dengan Dewi Kybele, namun gas beracun dari gua itu tidak mempengaruhi pendeta Kybele. Kuil ini menjadi kuil dewa utama selama periode Helenistik yang di dalamnya terdapat kuil untuk Cybele, Artemis, Pluto, dan Poseidon. Apollo dianggap sebagai pendiri kota Hierapolis ini, maka di sinilah dibangun kuil Apollo yang gaya bangunannya berasal dari masa Hellenistik.

  • Nekropolis

Nekropolis
Nekropolis

Nekropolis merupakan peninggalan terkenal dari Hierapolis, inilah salah satu tempat pemakaman terbesar di Turki.  Situs ini dapat dilihat di jalan yang menuju ke Laodikia – Kolose di sebelah selatan dan ke Tripolis – Sardis di sebelah utara. Batu kapur dan marmer digunakan untuk membangun situs ini. Nekropolis sejak era Hellenistik Akhir hingga era Kristen awal dengan sarkofagus, makam jenis rumah, pemakaman di bukit, dan monumen. Ada juga prasasti dengan sekitar 300 prasastinya telah diterjemahkan dan diterbitkan.

  • Middle Age (Selcuklu) Fortress

Middle Age (Selcuklu) Fortress
Middle Age (Selcuklu) Fortress

Benteng ini berada di dataran tinggi yang terhubung ke lembah dan berada pada posisi strategis. Dinding-dindingnya dibangun dengan balok-balok dari reruntuhan, bahkan banyak balok-balok terbuat dari marmer dan berisi prasasti.

  • Tembok Kota (City Walls)

Tembok Kota (City Walls)
Tembok Kota (City Walls)

Tembok ini dibangun sesuai dengan hukum yang dikeluarkan pada tahun 396 M. dan mirip dengan kota-kota lain dari Kekaisaran Romawi dengan dinding di sisi utara, selatan dan timur kota. Sebanyak 24 menara berbentuk persegi dibangun di sepanjang tembok ini. Ada 4 pintu masuk, dua dengan gerbang monumental dan dua gerbang kecil. Gerbang terbesar terletak di jalan utama. Sayangnya, sebagian besar tembok kota hancur oleh gempa bumi.

  • Martyrium St. Philip

Ini adalah bangunan segi delapan yang berukuran 20 m x 20 m. Martirum dibangun pada akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5 untuk menghormati St. Philip yang dibunuh di sini.

  • Gereja

Ada katedral yang bertanggal di abad ke-6 atau 7, gereja kolumnar, dan dua gereja lagi. Selain itu, aula utama dari Pemandian Agung (Great Bath) diubah menjadi sebuah gereja. Ada juga ruang ibadah kecil di bagian utara kota.

Video Hierapolis Pamukkale

Wisata ke Hierapolis Pamukkale

Pemerintah Turki sangat antusias dalam mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber devisa utama di negerinya. Tak heran, ada banyak destinasi wisata unggulan di sana yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan hingga kini, Hierapolis salah satunya. Pemerintah pun membenahi infrastruktur dan juga transportasi menuju ke lokasi wisata ini. Pintu gerbang didesain dengan menarik dan bahkan, tiket masuknya menggunakan pintu otomatis dan itu juga bisa dijadikan souvenir bagi mereka yang berkunjung.

Wisata ke Hierapolis Pamukkale
Wisata ke Hierapolis Pamukkale

Area Hierapolis cukup luas, jika dengan berjalan kaki, perlu waktu sekitar 2 jam untuk menjelajahi keseluruhan tempat bersejarah ini. Di luar kompleks utama Hierapolis, ada situs Necropolis yang menjadi pemakaman umum. Bila Anda masuk dari pintu Utara akan melewatinya. Selain itu, ada banyak lagi situs megah lainnya yang masih bisa disaksikan hingga kini, meski beberapa diantaranya berupa reruntuhan akibat beberapa kali diterjang gempa.

Informasi Hierapolis Pamukkale

Rated 4.7/5
based on 2531 reviews from Google reviews
Hierapolis Pamukkale adalah kota kuno yang terletak di sumber air panas di Phrygia klasik di Anatolia Barat Daya. Reruntuhannya berdekatan dengan Pamukkale modern di Turki dan saat ini terdiri dari museum arkeologi yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini sekitar 20 km sebelah utara Denizli. Ini disebut Kota Suci dalam literatur arkeologi, karena di sini ada banyak kuil dan tempat ibadah.
Berlokasi di : Pamukkale, Turki
  • Alamat : 20280 Pamukkale/Provinsi Denizli, Turki
  • Jam Buka : Setiap Hari 06.30 – 21.00
  • Wilayah : Frigia
  • Arkeolog : Carl Humann
  • Ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO : 1988

Google Maps Hierapolis Pamukkale


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP