tour ke turki januari 2017

Hagia Sophia Turkey, Bukti Keharmonisan Islam dan Kristen

Posted by touradmin on 9th April 2015
| 222 views

Tour ke Turki – Sobat Tour ke Turki, ternyata untuk bisa masuk di Hagia Sophia kami harus antri masuk cukup panjang, kira kira 100 meter. Tapi demi melihat keindahan Hagia Sophia atau yang dikenal juga dengan nama Aya Sofya kami rela mengantri. Akhirnya berbekal tiket seharga kurang lebih 20-an lira kami bergegas masuk ke dalam bangunan bersejarah di Turki ini. Di halaman Hagia Sophia terdapat Sadirvan yaitu tempat untuk mengambil wudhu yang saat ini sudah tidak lagi difungsikan. Jalan masuknya dihiasi dengan sejumlah peninggalan dari bangunan awal yang sudah hancur. Cukup disayangkan ya Sobat Tour ke Turki.

Hagia Sophia Istanbul Turki

jadwal tour ke turki tempat wisata

Arti Nama Hagia Sophia

Sobat Tour ke Turki Nah sebelum masuk kami akan bercerita tentang Hagia sophia, bangunan ini merupakan salah satu bangunan sejarah di  turki yang menyimpan sejuta cerita. Bangunan bekas masjid di  Istanbul, Turki ini dulunya adalah sebuah gereja. yang dibangun oleh Konstantius, putra Konstantin yang Agung. Pantas saja Hagia Sophia memiliki gaya arsitektur Bizantium yang indah. Sobat Tour ke Turki Hagia Shopia berasal dari bahasa Yunani yang berarti Holy Wisdom. 

Hagia Sophia Kembali Menjadi Masjid

Baru setelah Kota Konstantinopel jatuh ke tangan Dinasti Usmaniyah di tahun 1453, Hagia Sophia di alihfungsikan sebagai Masjid. Sobat Tour ke Turki Saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II dan memasuki kota itu, Mehmed II turun dari kudanya dan bersujud syukur kepada Allah, lalu pergi ke Gereja Hagia Sophia dan memerintahkan mengubahnya menjadi masjid yang dikenal dengan Aya Sofia. Jumatnya langsung diubah menjadi masjid untuk salat Jumat. Kisah tentang penaklukan konstantinopel bisa sobat dengar dari youtube berikut ini Sobat Tour ke Turki

Sobat Tour ke Turki Dan untuk saat ini  difungsikan menjadi museum, kira kira baru di tahun 1990-an,  Pemerintah Turki menjadikan Hagia Sophia sebagai sebuah Museum yang bisa dimasuki oleh para wisatawan. Meskipun dijadikan museum untuk publik sisa-sisa peninggalan gereja dan masjid masih terjaga rapi di sana. tak heran karena keindahan arsitekturnya Haga Sophia menjadi lokasi syuting ’99 Cahaya di Langit Eropa’ yang laris manis ditonton orang. Inilah sobat tour ke turki, keunikan bangunan ini meskipun telah dirubah menjadi masjid, tidak ada perubahan mencolok arsitektur maupun interior dari Hagia Sophia. Perubahan hanya berupa penambahan kaligrafi kaligrafi Islam dan mimbar untuk tempat imam salat.

Sebelum masuk kami dapat melihat dari kejauhan satu kubah besar dan delapan kubah yang lebih kecil, arsitekturnya terlihat mencolok dan disusun sedemikian rupa sehingga tampak begitu megah. Sobat Tour ke Turki Berasa datang di negeri dongeng dengan istana yang megah. Tak sabar kami rasanya ingin segera memasuki bangunan yang indah itu.

Baca Yuk :   Bosphorus Istanbul Turki, Melihat Eksotisme Asia dan Eropa Sekaligus

Interior Hagia Sophia

Di dalam bangunan hagia Sophia, tepatnya lantai dasar, sobat Tour ke turki akan terpesona dengan keindahan pilar-pilar penopang Hagia Sophia yang sebegitu kokohnya padahal sudah berdiri sejak 15 abad lalu. Tidak hanya kokoh, ukiran yang terdapat pada pilar tersebut juga sangat luar biasa detail untuk ukuran bangunan bersejarah sangat tua. Sobat Tour ke Turki Konon katanya ketika masa Bizantium, Kaisar mendapat tamu pendeta-pendeta yang datang dari Persia dan mereka terkejut, kagum, dan takjub melihat Hagia Sophia hingga berkata “Kami tidak tahu lagi apakah kami sekarang masih berada di dunia atau berada di surga”.

Interior kaligrafi Hagia Sophia Istanbul Turki

mimbar Hagia Sophia Istanbul Turki

Sobat Tour ke Turki Dibagian kubah terlihat paduan yang tidak biasa Allah dan Muhammad tapi bagian tengahnya terpampang gambar Yesus. Didepan juga terdapat mimbar yang digunakan sebagai tempat imam memimpin shalat pada waktu Hagia Sophia digunakan sebagai mesjid. Selain itu, jika melihat ke atap gedung berwarna kuning tua itu terdapat lukisan Bunda Maria. Sementara di dindingnya dihias dengan kaligrafi yang indah. sedangkan Bagian tengah ruangan di hiasi dengan lampu-lampu, membuat Hagia Sophia terasa megah dan romantis. Sobat Tour ke Turki Pencahayaan alami dari langit-langitnya yang tinggi menerangi interior Hagia Sophia sedemikian rupa seakan akan kita dapat merasakan kembali ke masa lampau. Relung-relung tinggi dan dinding-dinding kuno yang tebal seolah olah memisahkan sobat dengan hiruk pikuk dunia modern di luar.

Interior lampu Hagia Sophia Istanbul Turki

Untuk lebih mengetahui sejarah Hagia Sophia, sobat tour ke turki bisa menyewa audio tape tentang beberapa situs di dalam Hagia, seperti pintu utama, tiang, gambar-gambar di tembok, kubah, dll.

Tak terasa kami berjalan berkeliling menikmati keindahan bangunan bersejarah ini. Nah sobat tour ke turki jika lelah, dan ingin beristirahat sejenak atau ke kamar kecil, di halaman Hagia terdapat toko minuman, toko cinderamata, taman dengan tempat duduk dan kamar kecil.

Sobat Tour ke Turki Hagia Sophia merupakan tempat yang tak akan terlupakan selama perjalanan kami kali ini. Menarik bukan? Yuk kapanlagi sobat tour ke turki akan menikmati salah satu keindahan bangunan dunia ini? Tour ke Turki yuuk..

Data Hagia Sophia

Hagia Sophia atau Aya Sofya adalah sebuah bangunan bekas basilika, masjid, dan sekarang museum, di Istanbul, Republik Turki. Sering disebut sebagai keajaiban dunia kedelapan, Hagia Sophia (Ayasofya dalam bahasa Turki) menjadi salah satu pemandangan paling mengesankan di Istanbul.
  • Berlokasi di : İstanbul, Turki
  • Alamat: Sultan Ahmet Mahallesi, Ayasofya Meydanı, 34122 Fatih/İstanbul, Turki
  • Jam buka: Buka Setiap Hari pukul 09.00 – 17.00
  • Panjang: 82 m (269 ft)
  • Gaya arsitektur: Arsitektur Romawi Timur
  • Arsitek: Anthemius dari Tralles, Isidore of Miletus

Incoming search terms:

  • hagia sophia turki
  • interior hagia sophia
  • Sejarah Hagia Sophia menurut islam
HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON