tour ke turki januari 2017

Turkish Delight, Kudapan Lezat Khas Tanah Turki

Posted by touradmin on 18th February 2019
| 624 views
Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Turkish Delight, Kudapan Lezat Khas Tanah Turki

Turkish Delight, Kudapan Lezat Khas Tanah Turki
Turkish Delight

Tak hanya keindahan kotanya atau ketampanan dan kecantikan orang-orangnya. Namun, ragam budaya serta hidangan khas Turki semakin menambah keistimewaan negara ini. Salah satunya adalah Turkish Delight yang rasanya lezat dan tampilannya sangat menarik. Pecinta film The Cronicles of Narnia, pasti ingat adegan dimana Edmund Pevensie (Skandar Keynes) diberi Penyihir Putih sebuah permen kotak warna merah muda yang diselimuti gula halus. Nah, permen itu adalah Turkish Delight atau Lokum.

Turkish Delight adalah sejenis permen manis, dibuat dengan tepung dan gula bubuk. Panganan ini sering dibumbui dengan air mawar atau lemon. Varietas premium sebagian besar terdiri atas kurma, pistachio, dan hazelnut atau kenari yang diikat oleh gel; varietas tradisional sering dibumbui dengan air mawar, damar wangi, jeruk Bergamot, atau lemon. Rasa umum lainnya termasuk kayu manis dan mint. Dalam proses produksi, soapwort dapat digunakan sebagai aditif pengemulsi.

Sejarah Turkish Delight

Asal pasti permen ini belum ditentukan secara pasti. Namun, kata lokum berasal dari bahasa Arab al-halkum. Di dunia Arab, kesenangan Turki disebut rāḥat al-ḥulqūm (رَاحَة الْحُلْقُوم) yang berarti “kenyamanan tenggorokan”.

Menurut perusahaan Hacı Bekir, Bekir Efendi, bernama Hacı Bekir setelah melakukan haji, pindah ke Istanbul dari kota asalnya, Kastamonu, dan membuka toko permennya di distrik Bahçekapi pada tahun 1777. Ia memproduksi berbagai jenis permen dan lokum, kemudian termasuk bentuk unik dari lokum dibuat dengan pati dan gula. Bisnis keluarga, sekarang dalam generasi kelima, masih beroperasi di bawah nama pendiri.

Tim Richardson, seorang sejarawan permen, telah mempertanyakan atribusi populer Hacı Bekir sebagai penemu Turkish Delight, menulis bahwa “nama dan tanggal tertentu sering keliru dikaitkan dengan penemuan permen tertentu, paling tidak karena alasan komersial”. Resep Arab dan Persia yang serupa, termasuk penggunaan pati dan gula, telah ada sebelum Bekir beberapa abad. Oxford Companion to Food menyatakan bahwa meskipun Bekir sering dikreditkan dengan penemuan ini, tidak ada bukti kuat untuk itu.

Sejarah Turkish Delight
Sejarah Turkish Delight

Beragam Cerita Unik Dibalik Turkish Delight

Ada beragam versi cerita yang begitu unik yang menjadi asal muasal dari Turkish Delight, salah satunya adalah kisah sang raja yang ingin memikat hati seorang wanita dengan menggunakan makanan yang istimewa. Dengan begitu, sang raja memerintahkan koki istana untuk membuat hidangan penutup yang baru. Hingga akhirnya lahirlah si makanan legit ini yaitu Turkish Delight yang begitu manis dan kaya rasa sebagai hidangan penutup.

Ada juga versi cerita lain yang tak kalah menarik, yaitu pada tahun 1776 ada seorang pria bernama Bekir yang hijrah ke Istanbul. Di Istanbul pria ini mendirikan toko manisan. Dengan ide kreatifnya sebagai ahli pembuat manisan mendorongnya membuat Turkish Delight ini. Karena orang Turki menyukai rasa manis, tak heran jika Turkish Delight ini banyak sekali peminatnya.

Di Turki, membungkus aneka turkish delight dengan saputangan yang cantik kemudian memberikannya pada lawan jenis yang kita sukai menjadi sebuah simbol cinta yang sangat istimewa.

Ada satu lagi yang unik.. Konon kabarnya, permen jeli modern awalnya berasal dari turkish delight lho, ladies! Karena bentuk dan teksturnya yang kenyal memang sangat mirip dengan karakter turkish delight.

Beragam Cerita Unik Dibalik Turkish Delight
Variasi Turkish Delight

Asal Muasal Nama Turkish Delight

Nama Turki lokma dan lokum berasal dari kata Arab luqma (t) dan luqūm jamaknya yang berarti “potongan” dan “suap” dan alternatif nama Turki Ottoman, rahat-ul hulküm, adalah formulasi bahasa Arab, rāḥat al-hulqūm, yang berarti “kenyamanan tenggorokan”, yang tetap namanya dalam bahasa Arab formal. Di Arab Saudi, Tunisia, dan Libya dikenal sebagai ḥalqūm, sedangkan di Kuwait disebut كبده الفرس “kabdat alfaras” dan di Mesir disebut malban (ملبن [ˈmælbæn]) atau ʕagameyya dan di Syria rāḥa.

Namanya dalam berbagai bahasa Eropa Timur berasal dari lokum Turki Ottoman atau rahat-ul hulküm. Namanya dalam bahasa Yunani, λουκούμι (loukoumi) memiliki etimologi yang sama dengan bahasa Turki modern dan dipasarkan sebagai Greek Delight. Di Siprus, tempat makanan penutup telah dilindungi indikasi geografis (PGI), juga dipasarkan sebagai Cyprus Delight. Dalam bahasa Armenia disebut lokhum (լոխում).

Namanya di Bosnia dan Herzegovina dan Israel adalah rahat lokum, dan berasal dari kebingungan yang sangat lama tentang dua nama Turki Ottoman yang sudah ditemukan di Turki Ottoman, memang nama campuran ini juga dapat ditemukan di Turki saat ini. Namanya dalam bahasa Serbo-Kroasia adalah ratluk, bentuk yang diperkecil dari nama yang sama. Dalam bahasa Persia, ini disebut rāhat-ol-holqum (Persia: راحت الحلقوم). [11). Dalam bahasa Inggris, itu sebelumnya dikenal sebagai Lumps of Delight.

Rose Turkish Delight
Rose Turkish Delight

Turkish Delight Di Berbagai Belahan Dunia

Bulgaria

Di Bulgaria, Turkish Delight dikenal sebagai lokum (локум) dan menikmati popularitas. Meskipun mungkin datang dengan Kekaisaran Ottoman, itu mungkin telah tiba lebih awal, karena Timur Tengah telah sangat berpengaruh terhadap negara dalam hal masakan. Bulgaria memproduksi lokum merek sendiri, yang mungkin polos atau dibumbui dengan kelopak mawar, kenari putih, atau “endreshe”.

Yunani

Di Yunani, Turkish Delight, yang dikenal sebagai loukoumi [λουκούμι] telah menjadi makanan yang sangat populer sejak abad ke-19, yang terkenal diproduksi di kota Patras, Patrina loukoumia, serta di pulau Syros dan kota-kota Yunani utara di Thessaloniki, Serres dan Komotini tetapi di tempat lain juga. Loukoumi adalah suguhan tradisional yang umum, disajikan secara rutin alih-alih biskuit bersama dengan kopi. Selain rosewater umum dan varietas bergamot, loukoumi rasa damar wangi tersedia dan sangat populer. Manis lainnya, mirip dengan loukoumi, yang dibuat secara eksklusif di kota Serres, adalah Akanés.

Rumania

Kata Rumania untuk menggambarkan penganan ini adalah rahat, singkatan dari Arab rahat ul-holkum. Namun, dalam bahasa Rumania, kata rahat mengambil arti merendahkan, dalam hal ini eufemisme yang diterjemahkan sebagai menyebalkan. Menurut ahli bahasa Lazăr Șăineanu, kata-kata Turki yang memasuki bahasa Rumania pada abad ke-17 dan abad ke-18 sebagian besar menjadi usang dan memperoleh pengertian yang merendahkan atau ironis. Secara politik dan sosial, ini melemahkan pengaruh masyarakat Ottoman, dan bagian-bagian dari bahasa Turki Ottoman yang belum sempat berakar dalam bahasa Rumania mengambil sentuhan ironi dan menjadi tambang bagi sastra lucu. Rahat dimakan sebagaimana adanya atau ditambahkan dalam banyak kue Rumania yang disebut cornulețe, cozonac atau salam de biscuiţi [fr].

Turkish Delight Di Berbagai Belahan Dunia
Turkish Delight

Albania dan Bekas Yugoslavia

Di negara-negara bekas Yugoslavia (Serbia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, Republik Makedonia dan Slovenia), serta di Albania, kegembiraan Turki dikenal sebagai rahat-lokum, ratluk atau lokum. Ini diperkenalkan selama pemerintahan Ottoman Balkan dan tetap populer. Hari ini umumnya dikonsumsi dengan kopi. Mawar dan kenari adalah perasa yang paling umum.

Amerika Utara

Perusahaan Nory Candy di wilayah Los Angeles Besar telah memproduksi Turkish Delights atau Rahat Locum sejak tahun 1964. Perusahaan ini memproduksi buah-buahan yang berbeda dan rasa eksotis termasuk mawar dan licorice serta berbagai jenis kacang termasuk Almond, Pistachio, dan Kenari.

Pada tahun 1930 dua imigran Armenia, Armen Tertsagian dan Mark Balaban, mendirikan Liberty Orchards dari Cashmere, Washington, dan mulai membuat “Aplets” (apel dan kenari locoum) dan “Cotlets” (aprikot dan kenari locoum). Pada tahun 1984 mereka menambahkan barisan “Fruit Delights” rasa medley dalam strawberry, raspberry, jeruk, blueberry, peach, cranberry, dan bermacam-macam nanas. Meskipun semua permen ini dipasarkan dengan nama merek gaya Amerika, mereka disebut pada kemasan produk sebagai “Rahat Locoum”.

Di Kanada, batang cokelat Big Turk yang dibuat oleh Nestlé terdiri dari Turkish Delight magenta gelap yang dilapisi dengan cokelat susu, dan dipasarkan sebagai kesenangan dan loukoum Turki.

Brazil

Seperti kebanyakan hidangan Timur Tengah, ia datang dengan diaspora Arab Levant ke Amerika Latin. Permen manis ini dikenal di Brasil sebagai Delícia Turca, Manjar Turco, Bala de Goma Árabe atau Bala de Goma Síria.

Inggris dan Negara-Negara Persemakmuran Lainnya

Fry’s Turkish Delight dipasarkan oleh Cadbury di Inggris, Australia, dan Afrika Selatan dan juga dapat ditemukan di Kanada dan Selandia Baru. Ini rasa rosewater, dan ditutupi di semua sisi dalam cokelat susu. Produksi Inggris secara kontroversial pindah ke Polandia pada 2010.

Resep Cara Membuat Turkish Delight Sendiri

Bahan-Bahan Membuat Turkish Delight
Bahan-Bahan Membuat Turkish Delight

Bahan-Bahan :

  • 1 liter air
  • 2 sdt perasan lemon
  • 200 gr tepung maizena
  • 500 gr gula pasir
  • 1 sdt essens mawar
  • Pewarna makanan merah mawar secukupnya
  • Gula halus secukupnya
Alat-alat Membuat Turkish Delight
Alat-alat Membuat Turkish Delight

Alat-Alat :

  • Panci
  • Whisk
  • Loyang ukuran 22 cm x 22 cm
  • Alumunium foil
  • Talenan
  • Pisau
  • Piring saji atau toples
Resep Cara Membuat Turkish Delight Sendiri
Resep Cara Membuat Turkish Delight Sendiri

Cara Membuat Turkish Delight :

  • Lapisi semua bagian dalam loyang kue ukuran 22 cm x 22 cm menggunakan alumunium foil agar mudah mengeluarkan Turkish Delight dari loyang, sisihkan.
  • Masukkan air 350 ml, perasan lemon, dan gula ke dalam panci. Kemudian aduk hingga gula larut, didihkan lalu sisihkan.
  • Siapkan panci baru kemudian masukkan tepung maizena dan air 650 ml. Gunakan Whisk untuk mengaduk agar tidak ada tepung yang menggumpal. Masak dengan api sedang sambil terus di aduk hingga mengental. Angkat.
  • Masukkan campuran gula ke dalan panci berisi adonan tepung maizena secara perlahan dan terus di aduk. Didihkan kembali di atas api sedang selama kurang lebih satu jam. Ketika adonan sudah berubah menjadi berwarna pucat dan sangat kental, angkat.
  • Tambahkan pewarna makanan dan essens mawar, lalu aduk hingga rata.
  • Tuang adonan ke dalam cetakan. Diamkan selama semalaman di suhu ruang.
  • Siapkan talenan, taburi gula halus di atasnya.
  • Keluarkan Turkish Delight dari cetakan atau loyang kemudian letakkan di atas telenan yang sudah di bubuhi gula halus tadi. Selanjutnya agar tidak lengket taburkan gula halus pada permukaan Turkish Delight. Lalu potong sesuai selera.
  • Turkish Delight yang sudah dipotong, gulingkan diatas gula halus agar tidak saling menempel. Lalu sajikan!

Turkish Delight Tahan Berapa Lama ? (Tips dan Trik)

  • Turkish Delight dapat disimpan di dalam wadah bertutup rapat dan dapat bertahan selama sekitar 1 bulan.
  • Jika kamu kurang suka dengan essens mawar, kamu bisa menggantinya dengan essens favorit kamu.
  • Walaupun loyang sudah dilapisi dengan alumunium foil, ada baiknya permukaan alumunium foil juga dilapisi dengan cooking spray atau minyak kelapa agar lebih mudah mengeluarkan Lokum dari loyang.
  • Agar Turkish Delight tidak menempel satu sama lain, tambahkan dengan beberapa sendok makan tepung maizena ke dalam gula halus.
Turkish Delight Tahan Berapa Lama (Tips dan Trik)
Turkish Delight

Turkish Delight

Rated 5/5
based on 65 reviews from tripAdvisor
Turkish Delight adalah sejenis permen manis, dibuat dengan tepung dan gula bubuk. Panganan ini sering dibumbui dengan air mawar atau lemon.
Berlokasi di : Istanbul, Turki
  • Nama lain : Lokum
  • Suhu penyajian : Room temperature
  • Tempat asal : Kesultanan Utsmaniyah, Iran
  • Bahan utama : Amilum, Gula
  • Tipe : Confection
  • Variasi : Multiple

Video Turkish Deligt


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

Incoming search terms:

  • turkish delight
  • turkish delight adalah
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP