tour ke turki januari 2017

Tips Wisata Turki Untuk Kunjungan Pertama Kali Supaya Liburanmu Makin Happy

Posted by touradmin on 10th May 2019
| 11 views
Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tips Wisata Turki Untuk Kunjungan Pertama Kali Supaya Liburanmu Makin Happy

Tips Wisata Turki Untuk Kunjungan Pertama Kali Supaya Liburanmu Makin Happy
Wisata Turki

Negara dua benua ini memang tak pernah kehilangan pesonanya. Banyak sekali tempat wisatanya yang mampu menyihir para traveler untuk datang kesana. Turki, tak hanya terkenal akan wisatanya namun perpaduan budaya timur dan barat juga merupakan ciri khas dan andalannya. Selain itu, berbagai sejarah unik juga banyak ditemukan di Turki. Bagi traveler muslim, liburan ke Turki tak usah bingung untuk mencari makanan yang halal. Dengan itu, sipa yang tak ingin mengunjungi Negara Turki. Tapi tunggu dulu.. Ada baiknya sebelum berangkat cari tau tentang segala jenis informasi yang ada disana. Nah, semua itu sudah terangkum dalam Tips Wisata Turki Untuk Kunjungan Pertama Kali Supaya Liburanmu Makin Happy dari TourkeTurki.com. Yuk simak satu per satu.

Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa

Sebagai WNI untuk mengunjungi Turki syaratnya tidak begitu sulit. Untuk mendapatkan visa pun juga tidak sulit, karena ada dua pilihan yaitu Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa.

  • Visa on Arrival (VoA)

Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa adalah jenis visa yang bisa diurus ketika sudah sampai di negara tujuan. Hanya dengan datang ke loket pengurusan VoA di dalam bandara dengan biaya 25 USD dibayar tunai bukan dengan kartu kredit. Namun harus siap dengan antrian yang panjang, apalagi jika musim liburan.

  • e-Visa

Kalau e-Visa ini bisa dibilang lebih mudah. Siapkan komputer, koneksi internet lancar dan kartu kredit yang ada logo Mastercard atau Visa. Caranya seperti berikut ini :

  1. Buka situs Pre-Application System of Turkish Sticker Visa.
  2. Centang pilihan “I want to start a new application”.
  3. Lanjutkan sesi selanjutnya hingga “Proceed to e-Visa”.
  4. Langsung diarahkan website e-Visa.

Melanjutkan pembuatan e-Visa dengan membayar sebesar 25,70 USD. Jika sudah diverifikasi, e-Visa akan bisa langsung diunduh dalam bentuk file pdf dan siap cetak.

Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa
Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa

Kosa-Kata Yang Harus Diketahui Untuk Bekal Liburan ke Turki

Banyak orang Turki yang tak bisa berbahasa Inggris, seperti di Indonesia. Ada baiknya persiapkan beberapa kosa-kata Turki. Dan berikut beberapa kosa-kata Turki yang harus diketahui sebelum liburan ke Turki.

  • Halo : Merhaba
  • Ya : Evet
  • Tidak : Hayır
  • Berapa? : Ne kadar?
  • Please : Lutfen
  • Terima kasih : Teşekkür ederim
  • Apa? : Ne?
  • Kapan? : Ne zaman?
  • Tolong! : Yardım et!

Transportasi

Ketika di Turki sangat disarankan menggunakan transportasi umum. Selain sistem transportasinya sudah tergolong sistematis dan maju, biaya yang dikeluarkan cukup hemat. Kalau ingin naik taksi juga tak apa, ya tapi harus siapkan budget lebih. Berikut ragam pilihan transportasi umum yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan saat liburan.

  • Bus

Bisa dibilang ini adalah piihan yang paling hemat. Sistem bus di Turki sudah terintegrasi dengan transportasi lainnya. Jadi kalau ingin transit tidak akan terlalu sulit. Meski memang ada tantangannya yaitu bahasa petunjuk jalan. Ada beberapa yang memiliki petunjuk jalan dua bahasa biasanya hanya di kota besar seperti Ankara, Istanbul, dan beberapa kota lainnya dan itu pun di area turis saja. Namun, tidak perlu khawatir karena kita bisa bertanya dengan mudah ke masyarakat lokal yang terkenal ramah dan mau membantu meski dengan bahasa Inggris yang terbatas.

Transportasi Bus
Transportasi Bus Havatas

Dari bandara Ataturk bisa menggunakan bus Havatas yang berangkat setiap 30 menit sekali yang beroperasi dari jam 04.00-01.00. Rutenya dari bandara hingga Taksim Square, tepatnya di depan The Hotel Point dengan biaya 10 TL / orang.

  • Metro

Metro atau kereta bawah tanah sudah beroperasi sejak 17 Januari 1875 merupakan transportasi tertua kedua. Harga tiket sekali jalan adalah 2,3 TL (sekita 11.500 jika dirupiahkan). Keuntungannya, satu kartu Metro bisa digunakan beberapa orang sekaligus.

  • Tramvay

Trem ini merupakan salah satu trem tertua di dunia dan ada di Istanbul. Ada 10 jalur trem, tepatnya 3 jalur di Istanbul bagian Asia dan 7 jalur di bagian Istanbul Eropa.

Mata uang Turki

Di daerah wisata berlaku mata uang USD atau Euro, dan biasanya untuk transaksi menggunakan Turkish Lira (mata uang lokal). Akan tetapi, jika ingin shopping lebih baik menggunakan Lira. Karena biasanya di daerah wisata Turki para pedagang itu suka mematok harga dengan nilai tukar yang lebih rendah. Dengan bergitukan bisa jadi bisa lebih mahal. Menukarkan uang Lira di Indonesia memang gampang-gampang sulit. Ada baiknya jika menukarkan Rupiah dengan USD atau Euro di Indonesia, kemudian sampai di Turki tukarkan kembali dengan Lira. Atau bisa juga tarik tunai di ATM lokal Turki. Berdasarkan pengalaman beberapa traveler Indonesia, sekali melakukan tarik tunai akan dikenankan biaya sebesar 25 ribu rupiah. Biasanya mesin ATM yang sering digunakan wisatawan adalah Garanti Bank dan AKBANK.

Mata uang Turki
Mata uang Turki

Kartu SIM smartphone

Untuk tetap bisa berkomunikasi harus rela merogoh kocek lebih dalam. Karena jika ingin menggunakan smartphone dari luar Turki lebih dari seminggu harus mendaftar dulu ke pemerintahan dengan data paspor dan dengan biaya 120 TL. Untuk beli kartu perdana biayanya sekitar 35-40 TL (200 ribu-an Rupiah), provider unggulannya Avea, Turk Cell, dan Vodafone. Sedangkan untuk paket data internet sekitar 30-an TL (165 ribu-an). Kalau traveling ala backpacker lebih baik manfaatkan saja wifi gratis yang tersedia di bandara, di restoran, di hostel, dan tempat umum lainnya.

Colokan Listrik

Colokan listrik Turki sama dengan di Indonesia, jadi tak perlu khawatir. Colokan listriknya berjenis dua kaki dengan aliran listrik sebesar 220 Volt, jadi tidak perlu lagi membawa adapter.

Rekomendasi Wisata

Untuk wisatanya ada banyak sekali, bingung mau kemana saja, coba saja cek disini.

17 Tempat Wisata di Turki Yang Paling Terkenal Dan Wajib Banget Dikunjungi
Tempat Wisata di Turki

Gimana sobat jalan-jalan Turki, sudah siap untuk meluncur ke Turki. Tidak sulit kan yang harus dipersiapkan. Semoga bermanfaat dan selamat liburan yang menyenangkan!


Anda ingin mengetahui Kapan Tour ke Turki terdekat? Atau anda ingin menentukan sendiri destinasi dan rencana trip tour ke Turki anda? Kami dapat membantu anda dengan membuatkan Custom Itinerary khusus untuk anda. Dengan Private Tour ke Turki kami, bahkan anda dapat menentukan sendiri tanggal keberangkatannya.

Tunggu apalagi, silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dan pemesanan Pemesanan Paket Tour ke Turki, Private Tour Turki / Family Tour Turki :


089-697-287-456 Area Indonesia ( Call, Whatsapp , Line )

HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP