tour ke turki januari 2017

Tak Hanya Istanbul, 4 Kota di Turki Ini Juga Menarik Untuk Destinasi Wisata

Posted by touradmin on 7th March 2020
| 117 views

Tak Hanya Istanbul, 4 Kota di Turki Ini Juga Menarik Untuk Destinasi Wisata

Istanbul menjadi salah satu kota paling populer di Turki yang dikunjungi para wisatawan. Namun, bukan berarti kota lain di Turki tidak layak dikunjungi. Kota-kota lain di Turki pun tak kalah menarik di kunjungi dengan beragam pesonanya. Setiap kotanya memiliki andalan wisata yang menakjubkan juga menyenangkan. Dan tentunya tak akan mengecewakan siapa saja yang datang untuk menikmati wisatanya. Dan berikut ini, kota di Turki selain Istanbul yang juga menarik untuk destinasi wisata!

1. Naik Balon Udara di Cappadocia

Cappadocia terletak di lembah, ngarai, dengan formasi bebatuan unik yang terbentuk akibat hujan dan angin yang mengikis permukaannya selama ribuan tahun silam. Cappadocia dalam bahasa lokalnya disebut juga Kapadokya (Land of Beautiful Horses) atau yang berarti negeri dengan kuda-kuda yang indah. Jika Anda ingin melihat formasi bebatuannya yang unik bisa dengan naik balon udara yang begitu populer di kalangan wisatawan.

8 Tips Naik Balon Udara di Cappadocia! Apa Saja Yang Harus Diperhatikan
Naik Balon Udara di Cappadocia

Di lihat dari darat, pemandangan balon udara yang menghiasi langit Cappadocia juga menyenangkan. Untuk menaiki balon udara ini, dikenakan biaya mulai dari 140 – 240 euro (Rp 2.2 juta – Rp 3.7 juta). Harga tersebut beserta lama terbangnya dan jam operasionalnya akan beragam dari setiap agen balon udara.

2. Mengunjungi Izmir, Si Kota Kuno

Izmir, dengan sejarah 8.500 tahun yang meliputi 3,500 tahun sejarah perkotaan yang tercatat dan tanahnya yang tersebar di 12.012 km2, adalah sebuah kota di bagian barat Turki. Izmir penuh dengan museum, pusat budaya, dan kalender sosio kulturalnya. Izmir adalah salah satu kota tercantik di Turki dengan berbagai acara, pameran, dan festival lokalnya sepanjang tahun.

Izmir juga dikenal sebagai kota kuno karena memiliki beberapa peninggalan dari kota kuno beranama Ephesus. Di Ephesus ini para pengunjung bisa melihat beberapa sisa-sisa bangunan dari teater, perumahan, perpustakaan, kuil, serta perpustakaan zaman Turki kuno. Di Ephesus ini juga terdapat Temple of of Artemis yang masuk dalam kategori Seven Wonders of the Ancient World.

Efesus-ephesus-ephesos-di-turki
Ephesus

Harga tiket masuk ke area Ephesus ini berbeda-beda. Apabila hanya ingin mengelilingi area Ephesus, harga tiketnya adalah 100 lira Turki / Rp 230.000 per orang. Sedangkan harga tiket masuk ke House of Mary dan Terrace Houses masing-masing adalah 45 lira Turki / Rp 103.000 per orang. Untuk tiket masuk Basilica of St. John dan Museum of Ephesus masing-masing adalah 4 lira Turki / Rp 10.000. Dan ada yang gratis jika masuk ke Temple of Artemis, Sirince Village, dan Isa Bey Mosque.

Untuk jam operasional, Ephesus, Basilica of St. John, dan Museum of Ephesus buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 19.00 waktu setempat di bulan April – Oktober. Berbeda di bulan November – Maret, jam operasionalnya adalah 08.00 – 17.00 waktu setempat.

Baca Yuk :   Tembok Konstantinopel Istanbul-Turki, Pelindung Kerajaan Bizantium dari Serangan Musuh

Sedangkan Terrace Houses, jam oeprasional April – Oktober adalah 08:00 – 18:30 waktu setempat, dan November – Maret mulai pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

Sementara House of Virgin Mary, jam operasionalnya adalah 08.00 – 17.00 di bulan Januari – Februari dan November – Desember, dan 08.00 – 18.00 di bulan Maret – Oktober.

3. Mengunjungi Gereja Zaman Bizantium di Konya

Konya ini juga merupakan salah satu kota tertua di Turki selain Izmir. Sille adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Konya. Sille ini sendiri merupakan desa kecil yang memiliki Aya Eleni Kilisesi. Ini merupakan salah satu gereja tertua di Turkidengan arsitektur khas era Kekaisaran Romawi Timur yang masih berdiri hingga kini dan juga dikenal sebagai Kekaisaran Bizantium.

Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa ukiran menonjol yang masih terpampang di beberapa dinding bangunan. Aya Eleni Kilisesi ini buka dari Selasa – Minggu pukul 09.00 – 17.00 waktu setempat.

Aya Eleni Kilisesi
Aya Eleni Kilisesi

Bagi Anda yang tertarik dengan lanskap kota Konya, datangi saja Danau Beysehir sambil mengarunginya menggunakan sampan kecil yang tersedia.

4. Melihat Bangunan Legendaris Hierapolis Hingga Istana Kapas di Pamukkale

Dalam bahasa Turki, Pamukkale berarti “istana kapas” atau “benteng kapas”. Pamukkale ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir.

Kalau dilihat sekilas, Pamukkale ini tampak seperti istana kapas karena semua berwarna putih, padahal Pamukkale tersusun dari batu-batuan yang berwarna putih. Traveler yang pernah datang ke Pamukkale mengatakan bahwa saat meginjaknya mereka seperti menginjak salju karena begitu lembut. Karena keindahannya, wisata Pamukkale masuk ke dalam “UNESCO World Heritage Site”.

Hierapolis adalah sebuah kota kuno yang terletak di mata air panas di Phrygia klasik di Anatolia barat daya, berupa reruntuhan kota tua zaman Romawi kuno yang dibangun pada abad ke-2 SM. Hierapolis dikenal sebagai Kota Suci karena di sana ada banyak kuil keagamaan yang juga menjadi tempat tinggal bagi orang-orang Yahudi dan Kristen. Hierapolis ini pun tetap berdiri cantik di Pamukkale.

Hierapolis Pamukkale
Hierapolis Pamukkale

Anda juga bisa mengunjungi beberapa sisa-sisa bangunan Martyrium of St. Philip the Apostle yang terdiri dari delapan gapura reruntuhan beberapa gereja. Saat berkunjung Anda pun akan merasa sedang bernostalgia ke era Yunani kuno sambil menikmati lanskap Pamukkale yang indah.

Harga tiket masuk ke area Hierapolis adalah 60 lira / Rp 138.000 per orang. Sedangkan untuk anak berusia di bawah delapan tahun tidak dikenakan biaya. Dengan harga itu, Anda juga bisa masuk ke area Pamukkale Travertine Thermal Pools. Area Hierapolis buka setiap hari mulai pukul 06.30 – 19.00 waktu setempat setiap April – Oktober.

We are ONLINE Here