tour ke turki januari 2017

Perpustakaan Celcus, Kenangan untuk Julius Celsus Polemaeanus

Posted by fikri kurniawan on 1st March 2019
| 212 views

Perpustakaan Celcus, Kenangan untuk Julius Celsus Polemaeanus

Turki memiliki banyak destinasi wisata eksotis yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di negeri yang berada di benua Eropa-Asia ini, Anda bisa menyaksikan keagungan ragam bangunan kuno bersejarah yang masih terawat dan berdiri kokoh. Itu menjadi karya agung peradaban bangsa Turki sejak ribuan tahun yang lampau serta menjadi ikon atau landmark utama dari kota-kota di Turki. Nah, salah satu obyek wisata yang perlu Anda sambangi yaitu Perpustakaan Celcus. Lokasinya berada di Kota Kuno Ephesus.

Perpustakaan Celcus, Kenangan untuk Julius Celsus Polemaeanus
Perpustakaan Celcus, Kenangan untuk Julius Celsus Polemaeanus

jadwal tour ke turki tempat wisata

Sejarah Perpustakaan Celsus

Perpustakaan Celcus adalah salah satu bangunan paling indah di Ephesus. Dibangun pada tahun 114-117 M oleh Tiberius Julius Aquila dan dirancang oleh arsitek Romawi Vitruoya, perpustakaan dibangun untuk memperingati ayahnya Tiberius Julius Celsus Polemaeanus, seorang Gubernur Romawi, ibukota provinsi Asia Roma saat itu dari 105-107 Masehi. Celsus juga pernah menjadi penasihat hukum di Roma pada tahun 92 M serta dan seorang pecinta buku yang hebat.

Ilusi Optik di Perpustakaan Celsus
Ilusi Optik di Perpustakaan Celsus

Makam Celsus berada di bawah lantai dasar, di seberang pintu masuk serta terdapat patung Athena di atasnya sebagai Dewi Kebijaksanaan. Perpustakaan ini bergaya arsitektur khas pada periode Kaisar Hadrian (76-138 M).

Prasasti
Prasasti

Interior Perpustakaan Celsus

Interiornya adalah satu ruangan besar berdimensi 10,90-16,70 meter. Ruang perpustakaan ini terletak di atas bangunan bawah berkubah. Perpustakaan sendiri memiliki dua lantai, dengan kolom gaya Korintus di lantai dasar dan tiga pintu masuk ke gedung. Penggunakan trik optik di dalamnya memberikan kesan bahwa kolom di sisi fasad (muka bangunan) lebih pendek daripada yang ada di tengah, dan juga memberikan ilusi bangunan yang berukuran lebih besar. Di depan pintu masuk perpustakaan adalah halaman seluas 21 meter yang dilapisi marmer.

Baca Yuk :   Paket Wisata “Tour 10D Best of Turkey” Januari - Maret 2019
Sebuah Fragmen Dekoratif
Sebuah Fragmen Dekoratif

Sementara gulungan naskahnya disimpan dalam lemari (di relung) di dinding. Untuk mengurangi kelembaban dan supaya suhu di dalam ruangan lebih stabil (mencegah kerusakan teks-teks berharga di perpustakaan), relung kosong dibangun di dalam dindingnya. Kapasitas perpustakaan ini lebih dari 12.000 gulungan dan menjadi perpustakaan terkaya ke-3 di zaman kuno setelah Perpustakaan Alexandra dan Pergamus.

Ruang Kosong antar Dinding untuk Menjaga Kelembaban
Ruang Kosong antar Dinding untuk Menjaga Kelembaban

Arsitektur Perpustakaan Celcus

 

Tepat di seberang halaman dari Perpustakaan Celsus adalah rumah bordil kota Efesus. Ukiran di trotoar jalan marmer menunjukkan jalannya. Kaki kiri dan sosok wanita menunjukkan bahwa bordil itu berada di sisi kiri jalan. Sementara itu, patung-patung di relung kolom saat ini merupakan salinan dari patung aslinya. Ada patung yang melambangkan kebijaksanaan (Sophia), pengetahuan (Episteme), kecerdasan (Ennoia) dan keberanian (Arete).

Patung Ennoia
Patung Ennoia

Di dalam ruangan perpustakaan terdapat auditorium yang bisa digunakan untuk kuliah atau presentasi antara perpustakaan dan Jalan Marmer, dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Hadrian. Pada tahun 262 M, perpustakaan sempat dihancurkan oleh api selama invasi Gotik (Goths). Namun, fasad masih bisa diselamatkan. Perpustakaan ini pernah direnovasi atas bantuan dari Lembaga Arkeologi Austria, sementara patung aslinya dibawa ke Museum Ephesus di Wina pada tahun 1910.

Reruntuhan yang Direkonstruksi
Reruntuhan yang Direkonstruksi
Beberapa Bagian dari Monumen Parthia, di Museum Ephesus di Selçuk
Beberapa Bagian dari Monumen Parthia, di Museum Ephesus di Selçuk

Stasiun di Dekat Perpustakaan Celcus

Stasiun terdekat dengan Celsus Library adalah:

  • Selçuk Belediyesi berjarak 235 meter, waktu tempuh sekitar 4 menit dengan berjalan kaki
  • Selçuk berjarak 366 meter, bisa ditempuh selama 5 menit dengan berjalan kaki
  • Inceirince Yolu berjarak 658 meter, sekitar 9 menit dengan berjalan kaki

Panorama Perpustakaan Celcus

Perpustakaan Celcus

Perpustakaan Celcus adalah salah satu bangunan paling indah di Ephesus. Dibangun pada tahun 114-117 M oleh Tiberius Julius Aquila dan dirancang oleh arsitek Romawi Vitruoya, perpustakaan dibangun untuk memperingati ayahnya Tiberius Julius Celsus Polemaeanus.
  • Berlokasi di: Selçuk, Turki
  • Alamat: Acarlar Mahallesi, 35920 Selçuk / İzmir, Turki
  • Jam Buka: 09.00 – 17.00

Video Perpustakaan Celcus

Maps Perpustakaan Celcus

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON