tour ke turki januari 2017
Paket Tour Turki 6 Hari

Paket Tour Turki 6 Hari: Istanbul–Izmir–Kusadasi–Pamukkale–Konya–Cappadocia–Istanbul

panduan kota izmir

Paket Tour Turki 6 Hari menawarkan paket tour dengan budget yang hemat dan terjangkau. Selain Anda sudah bisa plesir ke Turki untuk menikmati beragam keindahan alam dan bangunan bersejarah, di sana Anda juga akan ditemani oleh Team Tour Guide kami (Lokal Guide) asli dari Turki yang sangat memahami sejarah dan budaya Turki, serta memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik. Oleh karena itu, kami dari team Tour ke Turki merancang Paket Tour 6 Hari ke Turki (Kota Istanbul—Izmir—Kusadasi—Pamukkale—Konya—Cappadocia—Istanbul) tentu saja dengan itenerary yang menarik dan beragam destinasi wisata.

Harga Paket Tour ke Turki 6 Hari

Untuk Informasi Harga, Silakan Hubungi Kami :

Telepon/SMS/WhatsApp : 089-697-287-456 (Area Indonesia)

Kita mau kemana saja selama 6 hari plesir ke Turki? Berikut ini adalah rencana perjalanan Tour ke Turki (Kota Istanbul—Izmir—Kusadasi—Pamukkale—Konya—Cappadocia—Istanbul) :

ITINERARY Rencana Perjalanan 6 Hari Tour ke Turki ISTANBUL–IZMIR–KUSADASI–PAMUKKALE–KONYA–CAPPADOCIA–ISTANBUL

HARI KE-1       ISTANBUL          MS/MM

Hari pertama kita tiba di Bandara Istanbul dan ketemu local guide. Lalu mulai tur di kota mengunjungi Masjid Biru. Siapa pelopor pembangunan Masjid Biru di Turki ini? Ialah Sultan Ahmed I yang berasal dari Dinasti Ottoman yang menguasai Turki pada abad ke 14 dan memerintah Turki mulai tahun 1603 – 1617.

masjid biru di istanbul turki

Masjid yang dirancang oleh arsitek terkenal pada masa itu yaitu Sedefkar Mehmed Aga mulai dibangun pada tahun 1609 dan selesai pada tahun 1616. Sultan Ahmed I sengaja membangun Masjid Biru ini, karena ingin menandingi kemegahan bangunan Hagia Sophia atau Aya Sofia yang dibangun pada masa kejayaan Byzantium dan tepat berdiri di sampingnya.

Hippodrome

Lalu, kita menuju ke Hippodrome Square. Hippodrome dibangun oleh Kaisar Romawi Septimus Severus pada tahun 203 SM. Menurut penggalian yang telah dilakukan, Hippodrome memiliki lebar 117 m / 384 kaki dan panjangnya mencapai 480 m / 1575 kaki dengan kapasitas maksimal 100.000 penonton. Dahulu, Hippodrome ini tidak hanya digunakan untuk arena balapan kuda, tetapi juga untuk pertemuan publik.

Destinasi berikutnya kita menuju ke Hagia Sophia. Pada awalnya, bangunan yang dulu sebuah gereja ini dibangun oleh Konstantius, putra Konstantin yang Agung. Setelah Kota Konstantinopel jatuh ke tangan Kesultanan Usmaniyah di tahun 1453, Hagia Sophia dialihfungsikan menjadi sebuah masjid. Selanjutnya, sekitar tahun 1990-an, Pemerintah Turki menjadikan Hagia Sophia sebagai sebuah museum yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

 

Hagia Sophia Istanbul Turki

Konon, dahulu ketika masa Bizantium, Kaisar mendapat kunjungan dari para pendeta Persia dan mereka dibuat terkejut dan kagum ketika melihat kemegahan dan keindahan Hagia Sophia, sampai mereka berkata “Kami tidak tahu lagi apakah kami sekarang masih berada di dunia atau berada di surga”. Museum Hagia Sophia ini telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Hari ini kita bermalam di Istanbul.

HARI KE-2       ISTANBUL–IZMIR–KUSADASI          S/MS/MM

Setelah sarapan di hotel lalu mulai tur naik Bosphorus Cruise. Pelayaran Bosphorus adalah salah satu cara terbaik untuk melihat kemegahan dan keindahan Kota Istanbul yang merupakan sebuah persimpangan jalan antara daratan dan laut, membelah Eropa dan Asia, arsitektur Bizantium dan Islam, masa lalu dan masa kini. Di atas kapal ini kita bisa menikmati cakrawala Istanbul yang indah dan memesona.

musim panas di bosphorus turki

Wisata dilanjutkan ke Istana Topkapi. Istana terbesar di Istanbul ini menjadi tempat tinggal para sultan Kekaisaran Ottoman selama kurang lebih 400 tahun. Itu juga digunakan sebagai tempat untuk menghibur para tamu dan duta besar selama masa puncak kekaisaran, meskipun sekarang ini berfungsi sebagai museum yang memamerkan aneka ragam peninggalan berharga Kesultanan Turki.

wisata ke turki topkapi tourketurki

Istana ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985 dan menjadi salah satu contoh arsitektur dan kesenian Ottoman yang paling megah.

Selanjutnya menuju ke bandara untuk penerbangan ke Izmir. Tiba di Izmir Airport, lalu menuju ke Selcuk, Shopping Time in Turkish Delight Shop. Turkish Delight atau Lokum adalah salah satu makanan populer khas dari Turki yang terbuat dari dari pati dan gula, lalu diisi dengan buah-buahan kering, madu atau kacang. Teksturnya lengket, biasanya tersaji dalam bentuk dadu.

jajanan di grand bazaar

Lokum (Turkish Delight) sekarang banyak diprodusi dan dijual di ribuan toko di seluruh Turki, dan cocok dinikmati dengan teh atau kopi Turki. Catatan tertua yang paling banyak didokumentasikan tentang Turkish Delight yaitu menelusuri kembali ke seorang pria Anatolia bernama Bekir Efendi, yang kemudian dikenal dengan nama Hacı Bekir. Ia bermigrasi ke Istanbul untuk mendirikan toko di tahun 1777 yang hari ini masih berdiri di distrik Bahçekapı. Hari kedua kita bermalam di Kusadasi.

HARI KE-3       KUSADASI–PAMUKKALE          S/MS/MM

Setelah sarapan di hotel lalu mulai tour Shopping di Outlet Kulit, di tempat ini kita bisa membeli barang-barang yang dibuat khusus menggunakan beberapa kulit terlembut dan berkualitas tertinggi di dunia. Perdagangan kulit adalah bisnis besar di Turki – nilai kulit yang diekspor oleh Turki duduk di lebih dari $ 1.5 Milyar USD setiap tahun, dan sekarang menjadi produsen barang kulit terbesar ke-2 di Eropa, setelah Italia, dan ke-4 di dunia setelah Italia, China dan India.

Selanjutnya kita menuju ke Ephesus Ancient City, Perpustakaan Celcus, Theatre Ephesus lalu menuju ke Kota Pamukkale. Kota Efesus kuno dibangun di empat wilayah utama yang terpisah: Bukit Ayasuluk, Artemision, Efesus, dan Selçuk.

 

tour ke turki paket wisata di ephesus

Relatif mudah untuk mencapai kota kuno Efesus, yang terletak di distrik Selçuk di Izmir. Selçuk terletak di jalan yang membentang antara Izmir dan Aydin dan mereka yang berlibur ke daerah itu selalu mengunjungi Efesus. Wisatawan dapat dengan mudah mencapai kota kuno ini dengan layanan Selçuk ‘dolmuş’ (minibus) yang berangkat dari terminal bus Izmir. Di area ini ada Perpustakaan Celcus, salah satu perpustakaan terbesar di dunia kuno dan dapat menampung lebih dari 12.000 gulungan. Ada juga Theatre Ephesus. Struktur bangunan ini terbuat dari marmer, memiliki lebar 145 meter, dan penontonnya mencapai hingga sepanjang 30 meter. Di masa kejayaannya, itu bisa menampung hingga 24.000 penonton.

 

keindahan pamukkale kala senja

Wisata selanjutnya ke Pamukkale Travertine. Sumber air panas di bagian Anatolia barat di Pamukkale ini terbentuk oleh panas air bawah tanah pada suhu 33-36 derajat Celcius dan mengandung kalsium hidrokarbonat. Dari kejauhan, destinasi wisata ini terlihat seperti kolam bertingkat. Selanjutnya kita menuju ke Istana Kapas (Cotton Castle). ‘Pamukkale’ diterjemahkan ke bahasa Inggris sebagai ‘Cotton Castle.’ Kita bisa melakukan ‘foot spa’ di sini. Sebagian besar batuan kalsiumnya tidak licin, permukaan kalsium yang tidak rata seakan memijat kaki kita di setiap langkahnya.

Obyek kunjungan berikutnya ke Kota Kuno Hierapolis. Hierapolis berarti ‘Kota Suci’ dalam bahasa Yunani kuno. Hierapolis adalah situs bersama (satu area) dengan Pamukkale Travertine dan hanya mengggunakan biaya masuk tunggal (sekitar 35 Lira). Kita bisa menemukan sisa-sisa reruntuhan bangunan, katedral, kuil, tembok-tembok, pilar, amphiteather, dan kuburan-kuburan tua (necropolis). Situs ini terletak 20 km di utara kota Denizli dan dibuka setiap hari, namun ditutup pada hari Senin. Hari ini kita bermalam di Pamukkale.

HARI KE-4       PAMUKKALE–KONYA–CAPPADOCIA          S/MS/MM

Setelah sarapan di hotel, lalu menuju ke Konya mengunjungi Mevlana Museum. The Mevlana Museum (Mevlana Müzesi), juga dikenal sebagai Green Mausoleum atau Green Dome, adalah pondok asli dari Mevlevi Whirling Dervishes (Darwis Mevlevi yang Berputar), kelompok Muslim Sufi mistik.

Mevlana Museum di Konya Turki

Di sini terdapat makam dan kuil Mevlana atau Rumi yang menjadi tempat ziarah penting.  Museum yang juga disebut ‘Kubbe-i Hadra’(Green Dome dalam bahasa Inggris) ini mencakup area seluas 18.000 meter persegi. Dibangun oleh arsitek besar Bedrettin Tebrizi, makam itu dilengkapi dengan ubin hijau yang indah.

Lalu kita menuju ke Kota Cappadocia dan berkunjung ke Caravanserai, bangunan ini telah digunakan sejak abad ke-10 yang menyediakan akomodasi dan fasilitas lainnya untuk para pedagang dan menjaga ternak mereka. Perdagangan yang melintasi Turki di zaman Seljuk abad pertengahan bergantung pada kendaraan unta (karavan) yang berhenti pada malam hari di penginapan yang dikenal sebagai kervansaray atau caravanserai, secara harfiah “istana kafilah”.

caravansary turkey 2

Selanjutnya tour ke Kota Bawah Tanah. Kota bawah tanah Derinkuyu menjadi pusat perhatian karena kedalamannya 18 lantai dan jalanan sepanjang 60 meter di bawah permukaan tanah. Ini menjadi kota bawah tanah yang terdalam di dunia serta seluruh kompleksnya cukup untuk menampung hingga 20.000 orang. Hari keempat kita bermalam di Cappadocia.

HARI KE-5       CAPPADOCIA          S/MS/MM

Pagi-pagi bangun untuk naik Balon Udara (optional). Penerbangan melalui balon udara ini keberadaan awalnya sekitar abad ke-18 yang menarik perhatian wisatawan di Turki hingga saat ini. Balon lepas landas dengan pemanasan gas propana cair yang diisi ke dalamnya. Kita bisa mengudara di balon untuk waktu yang lama dengan penerbangan yang tenang (kecepatan di bawah 10 km/jam).

naik balon udara cappadocia Turki

Setelah itu, kembali ke hotel untuk sarapan. Mulai tour lagi di Cappadocia mengunjungi Handmade Carpet Factory, Keterampilan kuno dalam pembuatan karpet tenun ini telah diturunkan antar generasi di Turki. Karpet awalnya dibuat untuk memberikan kehangatan dan dekorasi di rumah, serta sebagai mas kawin untuk pengantin. Ada dua jenis permadani utama di sini yaitu karpet ‘hali’ yang diikat, dan ‘kilims’ yang rata.

Selanjutnya ke Goreme Panorama. Ini adalah daerah tandus yang ditutupi formasi batu besar yang dikenal sebagai cerobong peri. Jutaan tahun yang lalu daerah itu tertutup oleh abu vulkanik. Erosi besar-besaran menghasilkan pilar-pilar batu keras yang tersisa yang menjadi ciri daerah tersebut.

 

goreme open air museum cappadocia turki

Destinasi wisata berikutnya ke Kerajinan Batu Akik Turqouise, batu akik ini bercirikan memiliki warna biru kehijauan yang hidup. Turquoise hanya ditemukan di beberapa tempat di bumi, daerah kering dan tandus di mana air tanah yang asam. Setelah itu, berkunjung ke Panaromic Uchisar Castle. Setelah mendaki kastil sebanyak 235 langkah ke atas, kita dapat melihat pemandangan menakjubkan yaitu Avanos dan Çavuşin di utara, Ortahisar di timur, Nevşehir di selatan, dan Gulşehir di barat. Tepat di kaki Uçhisar terletak Göreme.

Terakhir di hari kelima, kita akan menuju ke Dervent Valley (Lembah Unta) dan Corobong Peri. Devrent Valley juga dikenal sebagai Lembah Merah Muda atau Lembah Imajiner yang menyajikan panorama batuan berbentuk seperti binatang. Terletak di lereng utara Aktepe, 5 kilometer dari Pasabaglari (Lembah Monks) dan 5 kilometer dari Avanos, sebuah kota yang terkenal akan lokakarya tembikar dan pasarnya yang hidup. Malam ini kita menginap di Cappadocia.

HARI KE-6       CAPPADOCIA–ISTANBUL          S/MS/MM

Setelah sarapan di hotel, kita berkunjung ke Handmade Ceramic Art Centre. Seni ubin dan keramik Turki menempati tempat yang menonjol dalam sejarah seni Islam. Akarnya dapat dilacak di masa Uighur pada abad ke-8 dan 9.

Keramik iznik Turki

Lalu kita transfer ke Airport untuk penerbangan ke Istanbul. Acara bebas di Grand Bazaar, Grand Bazaar (Kapalı Çarşı) terletak di antara masjid Bayezid dan Nuruosmaniye serta menempati area yang sangat luas. Jika kita masuk melalui salah satu dari ke-21 pintu gerbangnya dan berkeliling di dalamnya, akan terlihat bahwa pasar ini adalah pasar terbesar di dunia. Kita bisa menemukan ubin mengkilap, rempah-rempah, tembikar, barang kuningan, aksesori kulit, pipa rokok dan asbak, di antara barang koleksi dan kerajinan tangan lainnya semua lengkap ada di sini.

Destinasi berikutnya ke Marmara Forum Shopping Mall. Terletak di Merter dan dapat dengan mudah dijangkau dari titik mana pun di Istanbul, Marmara Forum ini terletak di wilayah yang sangat padat di Istanbul dan menempati area seluas 375.000 m². Konsep pusat perbelanjaan ini tidak mengesampingkan keasrian dan hijaunya alam, sehingga kita bisa menyaksikan ada beberapa taman yang sengaja dibangun untuk menambah kesegaran ruangan serta menarik minat wisatawan agar betah berlama-lama di Marmara Forum sebagai s alah satu pusat perbelanjaan di Istanbul.

Wisata ke Turki berakhir di sini, selanjutnya transfer ke bandara dan menuju ke Indonesia. Terima kasih telah berlibur ke Turki bersama tourketurki.com, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selamat.

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON