tour ke turki januari 2017

Festival Seker Bayrami, Meriahnya Festival Idul Fitri di Turki

Posted by touradmin on 10th October 2018
| 274 views

Festival Seker Bayrami, Meriahnya Festival Idul Fitri di Turki

Festival Seker Bayrami, Meriahnya Festival Idul Fitri di Turki
Festival Seker Bayrami

Hari Raya Idul Fitri memang hari yang paling ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin. Dimana banyak sekali momen yang terjadi di hari besar ini. Saling memaafkan, para keluarga berkumpul, hingga banyaknya makanan bertebaran di hari yang fitri ini. Yang tak kalah menarik adalah di negara Turki. Karena saat Idul Fitri ada festival unik yaitu Festival Seker Bayrami. Festival Seker Bayrami adalah festival yang telah berlangsung secara turun temurun di Turki dan merupakan festival gula yang serba manis.

Tentang Festival Seker Bayrami

Festival Seker Bayrami ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang ada sejak abad ke- 18. Kata Bayram dalam bahasa Turki memiliki arti perayaan hari libur secara nasional, sedangkan Seker berarti manisan. Bisa disimpulkan bahwa Seker Bayrami merupakan sebuah perayaan yang berisikan berbagai hidangan manis. Saat lebaran, di Indonesia identik dengan ketupat dan opor berbeda dengan di Turki. Karena di Turki ini bertebaran dengan makanan yang serba manis, seperti coklat, permen, roti manis, dan masih banyak lagi.

Festival Seker Bayrami Bagian Dari Tradisi Turki

Festival Seker Bayrami juga merupakan tradisi khas di Turki. Festival ini merupakan momen silaturahmi antar anggota keluarga. Keluarga yang lebih muda selayaknya mendatangi anggota keluarga yang lebih tua untuk bermaaf-maafkan seperti di Indonesia. Lalu, pihak keluarga yang lebih tua akan memberikan beberapa lembar uang untuk anak-anak kedalam kain sapu tangan. Hal ini juga sangat mirip seperti tradisi di Indonesia.

Baca Yuk :   Bukan Belanda, Bunga Tulip Ternyata Berasal dari Negara Ini, Bahkan Festival Tulip di Turki Lebih Meriah!
Festival Seker Bayrami Bagian Dari Tradisi Turki
Festival Seker Bayrami Bagian Dari Tradisi Turki

Setelah itu, para tamu yang berlebaran akan disuguhi oleh berbagai hidangan manis, seperti coklat, permen, dll. Hal ini merupakan bentuk keramah tamahan yang sangat khas di Turki. Selain itu, dengan menyuguhi hidangan manis juga sebagai bentuk penghormatan kepada para tamu yang datang ke rumah. Maka dari itu, jika kita berlebaran di Turki, maka berat badan pun akan lebih cepat naik karena setiap datang kerumah orang pasti disuguhi makanan yang manis-manis.

Selain makanan, tradisi Turki ini juga hampir mirip seperti di Indonesia. Anak-anak kecil akan ramai datang kerumah-rumah penduduk bergerombol untuk berkeliling rumah. Ketika dibukakan pintu, maka akan disambut dengan kata “Iyi Bayramlar”. Sang pemilih rumah pun akan langsung memberikan permen atau manisan yang disukai anak-anak. Mereka pun sudah bersiap dengan tas besar untuk mengumpulkan permen manis dari tiap rumah – rumah yang didatangi. Nah, jika kita datang disaat idul Fitri, maka kita pun bisa merasakan tradisi khas Turki ini dan merasakan nuansa yang tentu berbeda tak seperti di Indonesia.

Waktu Pelaksanaan Festival Seker Bayrami

Festival Seker Bayrami ini dimulai sejak berakhirnya puasa ramadhan pada sore hari dan berakhir pada sore hari di hari Idul Fitri. Jika kita berada di Turki saat festival ini dan ditawari suguhan manis seperti permen, maka jangan sekalipun menolaknya. Dengan ikut menikmati suguhan yang diberikan maka hal itu memperlihatkan wujud terima kasih dan rasa hormat kepada mereka.

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON