tour ke turki januari 2017

Benarkah Pamukkale di Turki terlihat seperti Istana Kapas / Cotton Castle?

Posted by touradmin on 18th December 2017
| 319 views

Turki menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki keindahan dan budaya yang menakjubkan, perpaduan antara Eropa dan Asia. Tidak heran jika Turki menjadi negara impian yang ingin dikunjungi semua orang. Banyak sekali tempat-tempat wisata mengagumkan yang bisa kalian dikunjungi di Turki, salah satunya adalah Pamukkale atau Istana Kapas. Nah, seperti apakah keindahan Pamukkale di Turki? Mari simak ulasan berikut.

pamukkale-istana-kapas-turki coverIstana Kapas “Pamukkale”

Tentang Pamukkale

Pamukkale di Turki adalah objek wisata air panas di Turki. Situs alam yang terletak di Denizli, Turki, ini merupakan salah satu keajaiban alam yang luar biasa. Air hangat kaya mineral yang memiliki suhu 35° C ini jatuh dari puncak gunung ke lereng sehingga menciptakan kontur yang eksotis. Dalam bahasa Turki, Pamukkale berarti “istana kapas” atau “benteng kapas”. Pamukkale ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir .

Kalau dilihat sekilas, Pamukkale ini tampak seperti istana kapas karena semua berwarna putih, padahal Pamukkale tersusun dari batu-batuan yang berwarna putih. Traveler yang pernah datang ke Pamukkale mengatakan bahwa saat meginjaknya mereka seperti menginjak salju karena begitu lembut. Karena keindahannya, wisata Pamukkale masuk ke dalam “UNESCO World Heritage Site”.

Pamukkale berada di kawasan Lereng Travertine dengan tebing setinggi 20 meter di sepanjang dataran bukit pegunungan Cokelez. Lembah air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas dataran Curuksu yang meluas 6 kilometer di sekitar desa Karahayit, Pamukalee.

jadwal tour ke turki tempat wisata

Sejarah Pamukkale Turki / Bagaimana Pamukkale Terbentuk?

Bagaimana sejarah Pamukkale Turki? Bagaimana Pamukkale terbentuk? Pamukkale terbentuk karena adanya gejala alam yang sangat menakjubkan. Awalnya ribuan tahun lalu, Pamukkale terbentuk karena gempa. Mata air panas yang mengandung kalsium karbonat keluar dan menguap. Akibat kandungan dalam air panas yang selalu meningkat ini, lama-kelamaan lokasi keluarnya air panas ini membentuk lapisan kapur putih dan menyerupai air terjun beku. Akhirnya, membentuk lapisan-lapisan kapur yang tampak seperti tumpukan kapas berwarna putih.

Pamukkale, yang berjarak sekitar 19 kilometer dari utara Denzil, memiliki pemandangan alam yang mata airnya memiliki serat dari bumi. Pamukkale telah dijadikan air Spa sejak Romawi membangun air Spa suci hangat berupa Hierapolis pada saat musim semi. Kolam air Spa tersebut dipenuhi dengan banyak marmer yang diambil dari kuil Apollo, Roma.

Wisata Pamukkale Turki

Ada beberapa tujuan Wisata Pamukkale di Turki yang bisa dinikmati. Tujuan Wisata Pamukkale Turki tersebut, yakni

  1. Hierapolis Pamukkale
  2. Travertines
  3. Antique Pool

Hierapolis siteDenah Wisata Hierapolis

Hierapolis Pamukkale

Hierapolis Pamukkale adalah kota tua yang berdiri pada masa roman empire dan byzantine empire. Dinamakan Hierapolis karena dulunya di sini terdapat kuil hiera (salah satu dewa yunani). Di sini kita bisa menemukan sisa-sisa reruntuhan bangunan, katedral, kuil, tembok-tembok, pilar, amphiteather, dan kuburan-kuburan tua (necropolis). Hierapolis ini begitu luas, butuh waktu selama lebih dari 2 jam untuk menjelajahi tempat bersejarah ini.

hierapolis-pamukkale-turkiHierapolis Amphiteater

Travertines Pamukkale

Tempat wisata kedua, yakni Travertines Pamukkale. Travertines adalah batuan kapur atau gunung kapur yang terbentuk dari deposit kalsium karbonat. Batuan putih ini terbentuk secara alami sejak ribuan tahun yang lalu. Dari kejauhan Travertines terlihat seperti kolam bertingkat dengan air panas di dalamnya. Keindahan travertines membuat tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung.

travertine-turkiTravertine Pamukkale

Antique Pool Pamukkale / Kolam Cleopatra Turki

Tempat wisata lain yang tak kalah indah untuk dikunjungi adalah Antique Pool / Kolam Cleopatra Turki.  Antique pool ini adalah kolam pemandian air hangat yang kabarnya telah digunakan sejak zaman dulunya. Rumornya Cleopatra pun pernah berenang disini. Hingga kini, wisatawan masih bisa berenang menikmati Antique Pool ini. Aturannya wajib mengenakan pakaian renang. Untuk sekedar masuk ke kolam ini dan melihat-lihat tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun jika ingin berenang, harus membayar sekitar 30 lira.

Kolamnya tidak terlalu luas, sekitar 15 x 15 meter. Mungkin mirip telaga di Indonesia. Dasarnya tidak disemen, dibiarkan tetap alami. Kedalamannya ditaksir 1-1,5 meter. Beberapa batuan besar bertumpuk di tengah dan di pojok. Tanaman kecil tumbuh di tengah kolam. Beberapa pengunjung tampak sedang berendam, beberapa bermain air, beberapa berkejar-kejaran. Konon mitosnya, siapa yang berendam di kolam ini akan awet muda.

antique pool pamukkalePemandian Antique Pool Pamukkale yang sangat eksotis karena memiliki dasar dari sisa-sisa reruntuhan bangunan Romawi Kuno

Keindahan Pamukkale Turki

Keindahan Pamukkale Turki terletak pada kolam travertine putih di sekelilingnya, pemandangan hijau subur di bawah, dan pegunungan yang tertutup salju. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama di tempat ini. Keindahannya lainnya adalah bahwa Anda dapat mengalami kehidupan yang sama seperti yang pernah dilakukan orang Romawi sebelumnya saat mengunjungi Hierapolis.

Baca Yuk :   Hierapolis Pamukkale-Turki, Kota Spa Kuno yang Memesona

Formasi travertine kapur Pamukkale telah ada selama lebih dari satu milenium. Perbedaan antara Pamukkale dan mata air panas lainnya di seluruh dunia bukan hanya Anda bisa berenang di dalamnya, tapi Anda bisa mengunjungi jalan-jalan, melihat kuil, rumah mandi, nekropolis, dan teater sisa-sisa Hierapolis.

keindahan pamukkale kala senjaSalah satu keindahan Travertine Pamukkale saat senja

hierapolis-pamukkale-turki-4Keindahan lain dari Pamukkale berupa bangunan kuno Hierapolis

Melancong ke Pamukkale Turki, melihat langsung keunikan alam

Ada beberapa keunikan yang mengagumkan yang bisa kita saksikan saat melancong ke Pamukkale Turki. Di Pamukkale aliran air panas secara alami mengalami proses mengkristal menjadi putih. Sangat menarik melihat kolam-kolam dengan air berwarna kebiruan di Pamukkale, dengan kolam-kolam dan batuan putihnya bagaikan pegunungan salju bila dilihat dari kejauhan. Kolam-kolam air panas alami ini sejak ribuan tahun lalu konon dipercaya mempunyai efek bisa menyembuhkan penyakit. Dengan suhu berkisar antara 35-100 derajat Celsius dan mengandung air mineral di dalamnya sering dimanfaatkan para wisatawan untuk berendam dan melakukan terapi yang dipercaya mengobati berbagai macam penyakit. Uniknya lagi, saat musim dingin pun air ini tidak membeku. Saat musim dingin kawah-kawah air di kolam tersebut sebagian manjadi beku, namun airnya tetap hangat sehingga kawasan di sini seperti terlihat banyak diselimuti kabut putih.

Terapi di Travertine PamukkalePengunjung Pamukkale sedang melakukan terapi di Travertine

Lokasi Pamukkale / Transportasi Menuju Pamukkale

Lokasi Pamukkale terletak di bagian utara Turki, sekitar 18 km dari Provinsi Denizli. Untuk menuju ke sana, dari bandara Sabiha Gocken kita bisa naik jasa travel atau bus yang tersedia di bandara menuju tujuan Istanbul Atasher. Dari Istanbul Attasher dilanjutkan perjalanan cukup jauh dengan bis sekitar 8 jam menuju Denizli Ottogar. Dari Denizli menuju Pamukkale kita bisa menggunakan dolmus, ‘angkotnya’ Turki, selama kurang lebih 30 menit.

Berikut alternatif transportasi menuju Pamukkale :
1. Pesawat Udara
Bandara terdekat ke Pamukkale adalah Denizli – Cardak Airport, 65 km atau 1 jam perjalanan, yang menyediakan penerbangan dua kali sehari ke Istanbul. Izmir Adnan Menderez Airport adalah pilihan lainnya yang berjarak 252 km dari Pamukkale atau 4 hingga 5 jam perjalanan dengan bus.
2. Mobil
• Dari Denizli ke Pamukkale sekitar 18 km atau 25 menit berkendara
• Dari Mugla ke Pamukkale sekitar 162 km atau 2 jama 30 menit berkendara
• Dari Aydin ke Pamukkale sekitar 130 km atau 2 jam 15 menit berkendara
• Dari Izmir ke Pamukklae sekitar 249 km atau 3 jam 30 menit berkendara
• Dari Antalya ke Pamukkale sekitar 243 km atau 4 jam berkendara
• Dari Manisa ke Pamukkale sekitar 198 km atau 3 jam berkendara.
• Dari Balikesir ke Pamukkale sekitar 198 km atau 3 jam 10 menit berkendara
• Dari Ankara ke Pamukkale sekitar 484 km atau 6 jam 10 menit berkendara
• Dari Eskisehir ke Pamukkale sekitar 382 km atau 4 jam berkendara
• Dari Istanbul ke Pamukkale sekitar 664 km atau 8 jam 40 menit berkendara.

3. Kereta
Stasiun kereta terdekat dari Pamukkale ada di Denizli yang hanya melayani rute dari Izmir saja. Dari Istanbul terdapat Pamukkale Express yang diberhentikan sejak tahun 2008 karena perbaikan jalur, namun tak pasti kapan akan dioperasikan kembali.

4. Bus
Bus menuju Pamukkale atau Denizli mudah didapatkan di banyak kota di seluruh Turki. Layanan bus termasuk air, minuman panas dan kudapan gratis. Sebenarnya tidak ada perusahaan bus yang akan mengantar Anda langsung ke Pamukkale, meskipun sang penjual tiket menyatakannya demikian. Bus akan mengantar Anda ke Denizli dan dilanjutkan dengan minibus gratis yang mengantar Anda ke Pamukkale (sekitar 20 km jauhnya).

Pamukkale Turki Google Map

Data Pamukkale

Pamukkale yang berarti “benteng kapas” dalam bahasa Turki adalah sebuah situs alam di Provinsi Denizli di Turki barat daya. Kota ini berisi air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir.
  • Berlokasi di : Denizli, Turki
  • Cuaca: 9 °C, Angin arah Utara dengan kecepatan 10 km/h, Kelembapan 68%
  • Kawasan UNESCO: Eropa dan Amerika Utara
  • Inskripsi Situs Warisan Dunia UNESCO: 1988

Panorama Pamukkale Turki

Video Pamukkale Turki

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON