tour ke turki januari 2017

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengunjungi Masjid Biru di Turki

Posted by touradmin on 31st May 2019
| 467 views

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengunjungi Masjid Biru di Turki

masjid biru turki
masjid biru turki

Masjid Biru Sultan Ahmed atau Blue Mosque yang berada di Istanbul Turki memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para pelancong dari seluruh dunia ingin mengunjunginya. Tak hanya umat muslim yang ingin melihat kemegahan dari Masjid Biru ini, namun non muslim pun tak mau kalah. Selain itu, sejarah dari Masjid Biru juga merupakan hal menarik untuk ditelisik lebih lanjut. Akan tetapi, bagi kamu yang ingin mengunjungi Masjid Biru ini ada beberapa peraturan atau hal yang kamu harus tahu terlebih dahulu. Karena masuk Masjid Biru ini tak bisa seenaknya langsung masuk begitu saja. Banyak wisatawan yang bertanya bagaimana cara masuk ke Masjid Biru ini. Dan berikut ini hal atau peraturan saat kamu akan berkunjung ke Masjid Biru Sultan Ahmed.

1. Rencanakan Kunjungan

Datang saat pagi hari bisa menjadi waktu terbaik. Masjid Biru ini ditutup selama 90 menit setiap waktu shalat. Dan hindari mengunjungi masjid pada waktu shalat, kecuali jika kamu juga ingin shalat disitu.

2. Lepas Alas Kaki

Sebelum memasuki masjid, lepas dulu alas kaki yang kamu pakai dan simpan dalam kantong plastik yang tersedia di pintu masuk. Sebenarnya masuk masjid dengan melepas alas kaki adalah tradisi muslim saat memasuki masjid. Dan pastinya masuk Masjid Biru ini tanpa perlu biaya apapun.

Baca Yuk :   Tips Wisata Turki Untuk Kunjungan Pertama Kali Supaya Liburanmu Makin Happy

3. Gunakan Penutup Kepala Bagi Wanita

Jika kamu adalah seorang wanita maka pakailah penutup kepala (kerudung) saat masuk Masjid Biru. Jika tak sempat memakai atau kamu adalah non muslim, penutup kepala ini tersedia di pintu masuk Masjid Biru yang disedikan secara gratis. Gunakan penutup kepala ini dengan semestinya, karena penutup kepala ini dimaksudkan untuk menyembunyikan rambut.

4. Kunjungi Masjid Dengan Hormat dan Tenang

Saat sudah di dalam masjid harap tenang dan tetap diam, juga jangan memotret dengan menggunakan flash dan matikan suara kamera. Karena ini merupakan tempat ibadah, maka hindari menatap atau berfoto dengan orang yang sedang shalat. Kunjungi masjid dengan tenang dan hormat. Saat keluar, letakkan kantong plastik bekas di tas bin yang ditunjuk dan penutup kepala kepada staf yang bertugas.

Interior Masjid Biru Sutan Ahmed Istanbul Turki
Interior Masjid Biru

5. Tersedia Tempat Donasi Bagi Sukarelawan

Di pintu keluar juga tersedia tempat bagi kamu yang akan berdonasi untuk membantu menjaga Masjid Biru. Hal ini tidak wajib dilakukan. Akan tetapi, jika kamu mau memberi sumbangan maka kamu akan mendapatkan tanda resmi.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengunjungi Masjid Biru di Turki. Semoga bermanfaat dan Selamat Berwisata!

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON